Bandara Dan Pelabuhan Di NTT Akan Diperluas

Spread the love

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Kamis 16 Mei 2019 menerima kunjungan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Joseph Nai Soi di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut Wakil Gubernur NTT menyampaikan beberapa usulan pengembangan Bandara dan Pelabuhan di NTT.

Joseph Nai Soi menyampaikan usulan perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Temanu di Seba Kabupaten Sabu Raijua, pembangunan Bandar Udara di Negekeo serta pengembangan Pelabuhan Maritaing di Kabupaten Alor sebagai Pelabuhan Internasional untuk mendukung kerjasama ekonomi Indonesia dan Timor Leste.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Joseph Nai Soi memberikan masukan kepada Kementrian Perhubungan terkait kendala yang ada dalam pemanfaatan Pelabuhan Seba di Sabu dan Pelabuhan Nanga ba di Kabupaten Ende.

Budi Karya Sumadi yang didampingi para Dirjen dan Kepala Biro Perencanaan langsung merespon usulan tersebut. Menteri Perhubungan langsung menginstruksikan Dirjen Perhubungan Udara agar segera melakukan studi atas usulan perpanjangan Bandara Termanu dan pembangunan Bandara di Nagekeo. Demikian halnya dengan upaya pengembangan Pelabuhan Seba, Maritaing dan Nanga ba agar segera dilaksanakan.

Disampaikan juga bahwa Bandara Udara Komodo di Labuan Bajo saat ini sedang dalam proses tender perpanjangan landasan pacu dan pengembangan sarana prasarana dengan pola KPBU (kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha).

Sedangkan Pelabuhan Labuan Bajo untuk transportasi barang dan orang yang ada saat ini akan dipindahkan dan di bangun baru tahun 2020 di lokasi yang telah disiapkan. Pelabuhan Labuan Bajo ke depannya digunakan secara khusus sebagai pelabuhan pendukung pariwisata Labuan Bajo untuk melayani turis saja.

Infrastruktur NTT Akan Dibenahi Secara Serius

Sehari sebelumnya rabu (15/5/2019) Wakil Gubernur NTT Joseph Nai Soi telah bertemu Menteri Basuki Hadimuljono di ruang kerja Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam pertemuan tersebut Joseph Nai Soi menyemapaikan berbagai kendala infrastruktur yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh masyarakat NTT adalah jalan, listrik dan air (JALA), papar orang nomor dua di NTT.

Merespon permintaan masyarakat NTT melalui Wakil Gubernur NTT, Menteri Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa tahun 2019 ini Kementrian PUPR dipastikan akan membangun Jembatan Kembar Liliba 2, Jembatan Gantung, Trotoar dari Bandara El Tari ke Jembatan Liliba, Jalan Lingkar Jembatan Petuk.

Hal lain yang menggembirakan masyarakat NTT, Menteri PUPR memerintahkan Dirjen Bina Marga untuk tahun 2019 membangun Jalan Lintas Utara Flores, Jalan Lintas Selatan Sumba dan pembangunan Jalan Lintas Selatan Timor ruas Nunkolo – Boking sepanjang 9 km.

Turut mendamping Wakil Gubernur Joseph Nai Soi dalam pertemuan ini Kepala Balai Jalan dan Jembatan Wilayah IX Propinsi NTT, Kepala Balai Sungai Propinsi NTT serat Kepala Badan Penghubung Pemda NTT Viktor Manek. Sedangkan Menteri PUPR pada pertemuan ini didampingi Dirjen Bina Marga.