129 Eks PSK Karang Dempel Siap Dipulangkan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Retnowati mengatakan, paling lambat akhir bulan Mei tahun 2019, 129 eks pekerja seks komersil (PSK), di lokalisasi Karang Dempel Alak sudah bisa dipulangkan kembali ke daerah asalnya. Pasalnya anggaran untuk biaya hidup PSK selama tiga bulan sebesar Rp.5,5 juta sudah dicairkan oleh Kementerian Sosial RI.

Anggaran ini nantinya akan dicairkan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial beberapa waktu lalu.

“Anggaran sudah dicairkan oleh Kemensos sehingga proses pemulamgan timggal menunggu waktu,” kata Retnowati.

Retnowati mengaku, untuk pemulangan eks PSK Karang Dempel, Nantinya pihak kementerian akan datang langsung untuk menjemput dan melepas para PSK kembali ke daerah masing-masing.

Menurut Retnowati, sebelum dipulangkan nama-nama PSK masih akan diverifikasi, selanjutnya akan di buat surat Keputusan atau SK Dirjen, untuk menerima transferan dana pemulangan. jumlah PSK yang didata oleh Dinas Sosial sebanyak 129 orang, data ini yang akan diverifikasi kembali, lalu akan dibuatkan Sk oleh Dirjen untuk dipulangkan. Namun semua urusan pemulangan akan ditangani oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial yang ditunjuk Kemensos.

Menurutnya, semua PSK yang berasal dari pulau dan NTT juga akan mendapatkan biaya hidup selama tiga bulan sebesar Rp 5,5 juta, dengan catatan mereka berhenti dari profesi mereka dan memulai kehidupan baru dengan pekerjaan baru yang lebih baik lagi. Sementara biaya tiket pesawat dari Kota Kupang ke Provinsi tujuan, biayanya ditanggung oleh pemerintah Kota Kupang, dan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 200 juta rupiah untuk 129 psk.