Gamma Unkriswina Sumba Melatih Pengguna Aplikasi Zotero

Spread the love

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Gerakan Mahasiswa Matematika (Gamma) Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba NTT sukses melatih pengguna aplikasi zotero salah satu tekhnik penulisan sitasi maupun bibliografi pada karya ilmiah.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan 11 Mei 2019 kemarin dengan dihadiri beberapa guru matematika dari tingkat SMP maupun SMA yakni, SMA Negeri 2 Waingapu, SMP Negeri I Loura, SMP Negeri 5 Umbu Ratu Nggay, SMP Negeri I Umbu Ratu Nggay, SMP Negeri 2 Waingapu, SMP Negeri Satap Padamu dan SMP Keristen Nasional Plus Kasih Agape,”kata Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Unkriswina Sumba, Erwin Randjawali, S.Pd, M.Si, Minggu (12/5).

Menurutnya, kegiatan workshop penggunaan aplikasi zotero merupakan sarana bagi para dosen maupun mahasiswa untuk mengembangkan ilmu yang telah diberikan di Program studi pendidikan matematika Unkriswina Sumba.

“Harapan saya para guru dapat menerapkan tekhnik sitasi yang telah diberikan untuk menuliskan dan mempublikasikan artikel penelitian dan semakin rajin dalam melaksanakan penelitian,”kata Erwin.

Ia menambahkan, karya ilmiah adalah karya tulis yang dipaparkan dan ditertibkan oleh seorang atau sebuah tim secara tertulis dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yag dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

“Jadi dalam penulisan karya ilmiah membutuhkan teknik penulisan berupa sitasi dan membuat daftar pustaka,”ujarnya.


Lanjut Erwin Randjawali, selain mengajar para guru matematika yang berada di pulau Sumba melakukan penelitian dan publikasi hasil karya ilmiah maka Gamma memandang perlu untuk membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan aplikasi sitasi untuk mempermudah para guru dalam menulis karya ilmiah mereka.

Sementara Ketua panitia Olimpiade Gamma II Unkriswina Sumba Melkianus Kaimarak menuturkan, jika dipandang kegiatan ini perlu diadakan karna kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tahunan Gerakan Mahasiswa Matematika (Gamma) Unkriswina dengan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Saya berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya dapat diikuti lebih banyak lagi peserta,”ucap Melkianus.