Toga dan Elemen Parpol Menilai Baik Pleno KPU Kota Kupang Transparan, Jurdil dan Demokratis

Spread the love

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemilu 2019 di Kota Kupang berlangsung aman dan damai hingga selesai dilaksanakannya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara oleh KPU Kota Kupang, pada Sabtu (10/5/2019).

Terselenggaranya pemilu hingga tahapan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara ini mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh agama (Toga) maupun pimpinan partai politik (Parpol) di Kota Kupang.

Tokoh agama dan elemen partai politik menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, penyelenggara dan pengamanan pemilu yang dinilai semua proses berjalan transparan, jujur dan adil (Jurdil) serta demokratis.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kupang, Haji Muhammad mensyukuri pelaksanaan pleno Pemilu yang berjalan dengan aman, lancar, tertib, jujur, adil, demokratis dan damai.

“Atas nama MUI Kota Kupang saya mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan atas terlaksananya pleno dengan hasil yang sudah ada. Pleno berjalan dengan sukses dan penuh kedamaian, serta terhindar dari hal-hal yang kita tidak inginkan,” ujarnya.

Muhammad juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Kota Kupang, penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan yang turut menyukseskan kegiatan Pemilu 2019 di Kota Kupang.

Ketua PHDI Kota Kupang, I Wayan Wira Susana menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Kupang yang sudah berpartisipasi dalam Pemilu 2019, khususnya pleno rekapitulasi suara yang berjalan lancar, aman, transparan dan demokratis.

“Saya sangat mengapresiasi masyarakat Kota Kupang dimana Pemilu yang sudah kita jalani berjalan dengan transparan, langsung, umum, bebas dan rahasia,” ungkap Wayan.

Wayan berharap, apapun hasilnya nanti masyarakat dapat menerimanya dan kehidupan warga Kota Kupang ke depannya semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ketua DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Kupang, Djainudin Lonek. Djainudin mengapresiasi KPU sebagai penyelenggara Pemilu yang sudah melaksanakan pleno rekapitulasi suara hingga berakhir dengan aman, jurdil dan demokratif.

“Semua proses berjalan sesuai harapan, transparan, jurdil dan akuntabel, karena itu kita perlu berikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu maupun pihak keamanan yang turut menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kupang, Felix D. Dando mengatakan, proses pelaksanaan pemilu 2019 secara khusus di Kota Kupang berlangsung secara jujur, adil dan transparan.

“Terima kasih atas partisipasi masyarakat di Kota Kupang, sehingga pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik. Kita juga bersyukur, karena pemilu sudah berjalan lancar, transparan, jujur, adil dan demokratis,” kata Felix,

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kupang, Hery Kadja Dahi juga mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu di Kota Kupang yang telah berhasil dan sukses menyelesaikan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019.

“Pleno yang berjalan sukses, aman, lancar, damai, jujur dan adil serta demokratis ini juga tidak terlepas dari peran semua elemen masyarakat yang berkomitmen bersama menyukseskan pesta demokrasi di kota ini. Terima kasih semuanya,” tandas Hery.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang telah berhasil menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019. Pleno berakhir dengan aman, tertib dan lancar di salah satu hotel di Kota Kupang, pada pukul 04.00 dini hari, Sabtu (10/5).

Pleno dipimpin Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo, didampingi komisioner lainnya, Agustinus Inocentius Fahik, Ismail Manoe, Welly Novita A. Hayer, dan Zainudin Haru.

Selain itu, pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 itu dihadiri pula Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Kupang, Otniel Nomleni, Susana Kanaha, dan Junior A. Nange.