Dispendukcapil Kota Kupang Sudah Terbitkan KIA

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang sudah membuka pelayanan kepengurusan Kartu Idenditas Anak (KIA), dan sejak dilaunching pada perayaan Hut ke-23 Kota Kupang, pada 25 April lalu, sudah ada 400 orang anak yang mendapatkan KIA, yang diurus oleh orangtua di Dispendukcapil.

“Kami saat ini sudah menerbitkan sekitar 400 KIA, saat dilaunching oleh Wali Kota Kupang pada saat Hut Kota kemarin, saat itu juga Wali Kota menyerahkan secara simbolis KIA ini kepada beberapa anak perwakilan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase,kepada wartawan, Kamis (09/05/2019).

Ririmase menjelaskan, setiap hari, petugas operator kepengurusan KIA bisa mencetak sekitar 30 sampai 40 KIA yang diurus oleh masyarakat, terutama para orangtua yang datang untuk mengurus KIA anaknya.

Ririmase juga mengimbau kepada semua masyarakat Kota Kupang, terutama para orangtua yang memiliki anak usia 0 sampai 16 tahun, agar dapat mengurus KIA anaknya di Kantor Dukcapik Kota Kupang.

“Untuk kepengurusan KIA ini sangat mudah, hanya membutuhkan kartu keluarga dan akta kelahiran anak saja, juga ada yang membutuhkan pas foto, tidak seperti kepengurusan KTP-E yang membutuhkan rekaman data dan lainnya,” kata Ririmase.

Ririmase menjelaskan, KIA ini sangat berguna bagi anak, terutama di zaman sekarang, dimana ketika masuk sekolah, BPJS, dan lainnya membutuhkan KIA ini. KIA juga dapat digunakan untuk membuka rekening atau tabungan anak di Bank.

Dia melanjutkan, saat ini Dinas Dukcapil menyiapkan 10.000 blanko KIA, dan nantinya akan ditambah lagi jika sudah mulai berkurang. Prinsipnya adalah semua masyarakat yang datang harus terlayani dengan baik dan jangan sampai masyarakat pulang dengan kecewa.

“Saya kemarin sudah ke Jakarta, dan sudah mengantisipasi agar nantinya blanko KIA ini bisa ditambah 10.000 lagi, tujuannya agar jangan sampai pelayanan terhambat karena kekurangan blanko atau lainnya, upaya untuk persediaan blanko terus kami lakukan, dengan perbaikan pelayanan dalam segi SDM, sarana prasarana dan lainnya,” kata Ririmase.