KPU Kota Kupang Selesai Pleno Dua Kecamatan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 mulai memasuki perekapan suara tingkat kabupaten/kota. Di Kota Kupang, KPU Kota Kupang menggelar pleno tingkat kota Kupang sejak Jumat (3/5/2019) hingga Selasa (7/5/2019) di aula hotel Gajah Mada Kupang.

Pada Jumat (3/5/2019), pleno digelar untuk PPK Kota Lama. Pembukaan pleno dihadiri Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya PPT Binti, SIK, Dandim 1604/Kupang, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kupang, Christofel Malaka, SH, pimpinan partai politik dan tokoh agama dan saksi pasangan calon serta saksi partai politik.

Pleno dipimpin ketua KPU Kota Kupang, Decky Ballo, ST MM didampingi komisioner lainnya, Agustinus Innoentius Fahik, MA, Ismail Manoe, SPt, Welly Novita A Hayer, SS, B.Ed, M.Pd dan Zainudin Haru, ST.

Hadir pula ketua dan anggota Bawaslu Kota Kupang, Otniel Nomleni, Susana Kanaha, SH dan Junior A Nange.

PPK Kota Lama memaparkan perolehan angka pasangan calon presiden, calon perseorangan DPD dan suara partai politik maupun calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi NTT dan DPRD Kota Kupang.

Saat Ketua KPU Kota Kupang, Decky Ballo, ST MM hendak mengetukan palu untuk perolehan suara calon anggota legislatif Kota Kupang, muncul dinamika.

Calon anggota DPRD Kota Kupang dari Partai Gerindra, Benyamin Moses Mandala terkait selisih perolehan suara antara dirinya dengan calon nomor urut 11, Ir Rikardus Outniel Yunatan.

Benyamin Moses Mandala meminta salinan DAA.1 yang memuat rekapan angka perolehan suara partai politik dan calon anggota dewan per kelurahan dibagikan.

Sedianya dokumen tersebut harus dibagikan kepada peserta Pemilu baik DAA.1 maupun DA.1 (perolehan suara tingkat kecamatan). Namun karena masih dalam proses maka pembagian belum dilakukan PPK Kota Lama.

Atas masukan dan berbagai pertimbangan, pleno pun diskors hingga Minggu (5/5/2019) sambil memberikan kesempatan kepada PPK Kota Lama melengkapi dokumen DAA.1 untuk dibagikan kepada peserta pemilu.

Minggu (5/5/2019) siang, pleno kembali dibuka oleh ketua KPU Kota Kupang. Kali ini agenda untuk pengesahan hasil perolehan suara calon anggota DPRD Kota Kupang untuk PPK Kota Lama.

Usai dibuka ketua KPU Kota Kupang, Decky Ballo, ST MM, calon anggota dewan Partai Gerindra Benyamin Moses Mandala kembali mengajukan keberatan.

Kali ini ia mempersoalkan perolehan suara partai dan caleg Partai Gerindra untuk TPS 2 Airmata.
Ia keberatan dengan perolehan enam suara untuk caleg nomor 11 Partai Gerindra Ir Rikardus Outniel Yunatan di TPS 2 Airmata.

“Dalam catatan kami, suara Partai Gerindra hanya enam dan caleg nomor 11 mendapatkan suara nol. Tapi dalam rekapan data di kecamatan, caleg nomor 11 mendapatkan enam suara. Saya merasa dirugikan dan saya minta kita buka kotak suara untuk memperjelas,” tandasnya.

Ketua KPU Kota Kupang, Decky Ballo menolak dibukanya kembali kotak suara karena pleno dilakukan secara berjenjang.

“Kami tidak bisa membuka kotak suara. Pleno dilakukan secara berjenjang dan saat ini hanya pembacaan hasil rekapan kecamatan. Proses itu (pembukaan kotak suara) sudah dilakukan saat pleno di tingkat kecamatan,” tandasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh komisioner lainnya, Ismail Manoe. Ia menganggap proses ditingkat bawah sudah selesai.

“Kita hanya menyampaikan angka sesuai form DA.1. Kalau ada keberatan maka atas seijin Bawaslu kita bisa buka plano DA.1. Kalau masih belum puas maka kita bisa buka plano DAA.1,” tegasnya.

Benyamin Moses Mandala masih meminta agar sarannya diterima. Namun usulan membuka kembali kotak suara per kelurahan ditolak KPU dan didukung Bawaslu Kota Kupang.

Moses Mandala diminta mengisi form keberatan dan ketua KPU Kota Kupang tetap mengesahkan perolehan suarat calon anggota DPRD Kota Kupang untuk Kecamatan Kota Lama.

Pleno dilanjutkan untuk kecamatan Alak dan berlangsung lancar serta aman.

Usai pleno, Komisioner KPU Kota Kupang, Ismail Manoe, SPt mengakui kalau dinamika pleno tetap mewarnai proses pleno namun bisa diselesaikan dengan baik.

Seluruh dokumen hasil pleno pun dibagikan kepada peserta pemilu baik pasangan calon presiden, saksi DPD maupun partai politik peserta pemilu.

Ia mengakui pleno tingkat Kota Kupang masih akan digelar hingga Selasa (7/5/2019). Saat ini masih tersisa empat kecamatan yang akan menggelar pleno masing-masing Kota Raja, Maulafa, Oebobo dan Kelapa Lima.

Ia optimis keempat kecamatan yang saat ini masih melakukan pleno tingkat kecamatan segera menyelesaikan plenonya dan dilanjutkan untuk pleno tingkat KPU Kota Kupang.

Seluruh hasil pleno tersebut akan diplenokan lagi dalam pleno KPU Provinsi NTT pekan depan hingga pleno tingkat nasional.

Proses pleno dikawal aparat kepolisian dari Polres Kupang Kota dan Polsek Oebobo dipimpin langsung Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya PP Tarung Binti, SIK.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya PP Tarung Binti, SIK yang ditemui disela-sela pelaksanaan pleno mengakui kalau pihaknya tetap mengamankan seluruh rangkaian tahapan Pemilu hingga tuntas.

“Seluruh rangkaian dna tahapan Pemilu kita amankan. Pleno yang masih berlangsung di sejumlah kecamatan pun tetap kita amankan. Anggota tetap bertugas 1×24 jam dikantor camat selama proses pleno berlangsung,” ujarnya.

Penempatan anggota pun dilakukan di kantor KPU Kota Kupang dan Bawaslu Kota Kupang serta anggota diminta mengawal pergeseran kotak suara dari kecamatan ke KPU Kota Kupang.

“Kami siap mengamankan dan menjaga keamanan selama proses berlangsung hingga tuntas,” ujar mantan Kasubdit Gakkum Dit Polair Polda NTT ini.