DPRD NTT Sampaikan Pokir di Musrenbang 2019

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wakil Ketua DPRD NTT, Yunus Takandewa menyampaikan Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) DPRD tentang arah dan kebijakan pembangunan Provinsi NTT Tahun 2020 pada pembukaan Musrenbang Pemprov NTT, Sabtu (4/5/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Inspektur Jenderal Kemendagri, Dr. Tumpak Haposan Simanjuntak, Staf Ahli dari Bappenas, Oktariadi, Wakil Gubernur NTT, Josef A Nae Soi, pimpinan OPD se-Provinsi NTT, kepala daerah se-NTT serta tiga anggota DPRD NTT yakni Boni Jebarus, Johanes Rumat, Anselmus Tallo dan Bele Antonius.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Peningkatan sumber daya manusia, akses dan kualitas pelayanan dasar serta pengembangan pariwisata sebagai penggerak ekonomi masyarakat yang berkelanjutan”.

Dalam penyampaiannya, Yunus Takandewa menjelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan amanat yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD, pada pasal 54 huruf (h) disebutkan pokok-pokok pikiran DPRD disampaikan kepada kepala daerah.

“Pokok-pokok pikiran DPRD untuk tahun 2020 sudah diinput dalam aplikasi e-planning, dan harapan kami tentu nya pada program-program stategis dan capaian-capaian yang telah di sepakati dalam perda RPJMD” kata Yunus.

Yunus mengatakan, program-program unggulan dengan asumsi bahwa pertumbuhan ekonomi yang signifikan dengan skenario akan terjadi panen kelor sebesar seribu sekian ton/tahun/hektar serta pengembangan garam, pembangunan infrakstrur jalan dalam 3 tahun, angka penurunan kemiskinan pada 20% ditahun 2019 dan 18% di tahun 2020, memacu DPRD provinsi dalam memberikan dukungan kepada pemerintah provinsi.

“Kami siap, terutama dalam pengawasan aktif, sebagai contoh pemerintah propinsi ntt sebagai provinsi tercepat dalam penyelesaian RPJMD, ini menjadi bagian dari dukungan DPRD kepada pemerintah provinsi,” tandas Yunus.