Home Credit Indonesia Berikan Literasi Keuangan Kepada Generasi Muda di Kupang

Spread the love

Kupang, NTTOnlinenow.com – 25 April 2019, Tingkat inklusi keuangan secara nasional di Indonesia menunjukkan angka 67,8%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa angka tersebut menunjukkan orang dewasa sudah akses keuangan. Meski demikian, pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan masih sangat minim. Hanya 29,7% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai mengenai produk dan layanan keuangan.

Menyikapi hal tersebut, Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global, hari ini menggelar kegiatan edukasi literasi keuangan bertemakan “Jadi Entrepreneur Cerdas di Era Keuangan Digital Yang Kamu Mau”. Sebanyak 150 mahasiswa/i dari Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Home Credit Indonesia untuk berperan aktif dalam mendukung peningkatan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan serta menggunakan produk dan layanan lembaga keuangan.

Hadir dalam kegiatan ini, Andy Nahil Gultom, Chief External Affairs PT Home Credit Indonesia menjelaskan, “Saat ini 50% dari penduduk usia produktif berasal dari generasi millennials. Pada tahun 2020-2030 mendatang, generasi muda ini akan mendominasi sebesar 70% dari total usia produktif, karenanya generasi muda semakin perlu memahami bagaimana pengelolaan keuangan dengan benar, seperti membedakan keinginan dan kebutuhan, mencapai tujuan keuangan, mengetahui jenis-jenis lembaga keuangan, pentingnya proteksi, manajemen resiko, hingga perbedaan menabung dan berinvestasi, termasuk juga menumbuhkan jiwa wirausaha.”

“Kami berkomitmen untuk mendukung OJK dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di tanah air. Hari ini kami datang ke Kupang untuk berbagi informasi dan membekali generasi muda dengan pengetahuan dasar keuangan dan kewirausahaan,” lanjut Andy.

“Kami berharap dengan pembekalan materi keuangan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita agar dapat menjadi generasi muda yang cakap keuangan dan mampu menciptakan ide-ide usaha baru yang kreatif untuk membuka peluang lapangan pekerjaan baru kedepannya,” jelas Andy.

Sesuai dengan tema yang dibawakan, kegiatan literasi keuangan ini memusatkan peserta untuk membangun pola pikir seorang wirausahawan kreatif dan inovatif di era keuangan digital. Para peserta diberikan pemahaman cara-cara yang perlu mereka lakukan agar dapat menjadi seorang wirausahawan yang kreatif dan inovatif sedini mungkin. Salah satu sesi dalam kegiatan ini dirancang khusus untuk menantang peserta saling berdiskusi kritis di dalam grup dan memberikan solusi inovatif atas permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungan mereka.

Turut hadir sebagai perwakilan dari Universitas Nusa Cendana, Bapak Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nusa Cendana turut menyampaikan harapannya atas terselenggaranya kegiatan ini, “Kami senang sekali Home Credit memberikan sebuah pelatihan literasi keuangan yang bertemakan Kewirausahaan. Hal ini sesuai dengan sebuah tema kegiatan yang juga akan kami lakukan. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, minat mahasiswa kami terhadap berwirausaha juga akan semakin berkembang.”

Sepanjang kuartal pertama di tahun 2019, Home Credit Indonesia telah melaksanakan 2 kegiatan literasi keuangan, termasuk di Kupang. Pada Februari lalu, Home Credit Indonesia berkesempatan mengunjungi Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin. Melalui 2 kegiatan tersebut, Home Credit Indonesia telah mengedukasi sebanyak 200 generasi muda Indonesia. Inisiatif ini akan terus dilakukan sepanjang tahun 2019 ini dengan menargetkan total 1000 peserta.

Sejak beroperasi di Indonesia 2013 lalu, Home Credit Indonesia telah berhasil mengedukasi masyarakat di Indonesia xxx. Bukan hanya mengedukasi masyarakat melalui kegiatan literasi keuangan, Home Credit Indonesia juga menjalankan program literasi keuangan secara online lewat #DoITCERDAS yang diharapkan dapat lebih menjangkau masyarakat lebih banyak lagi. Home Credit Indonesia secara aktif memposting konten keuangan melalui media sosial Instagram dan YouTube.