1.400 Personel Gabungan Siap Amankan Kunker Ibu Hj.Mufidah Jusuf Kalla ke Batas Belu-TimorLeste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 1.400 Personel gabungan dari TNI, Polri dan Instansi Pemkab terkait dikerahkan untuk pengamanan VVIP kunjungan kerja Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla ke Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste besok Selasa (30/4/2019) pagi.

Demikian Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Syaiful Rahman kepada awak media usai apel gelar pasukan gabungan pengamanan VVIP di lapangan umum Atambua, Senin (29/4/2019).

Menurut Syaiful, apel pengamanan VVIP yang dilakukan hari ini guna mengecek kesiapan aparat keamanan dalam rangka kunjungan kerja RI 4 Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla besok ke perbatasan Kabupaten Belu.

“Hari ini kita lakukan kesiapan dan sebagainya. Termasuk satu objek tambahan yaitu mau melihat Pos PLBN Mota’ain,” ucap Perwira Bintang Satu itu.

Dijelaskan bahwa, memang titik ini adalah objek tambahan. Namun memang perlu diperhatikan dan perlu dilihat, sehingga itu adalah wujud kepedulian mungkin dari Pemerintah Pusat untuk melihat bagaimana perkembangan di daerah perbatasan kita.

“Itu kesiapan kita yang kita sampaikan. Kita sudah sangat siap dan perkembangan berikutnya kita stand by dan menunggu perintah p lebih lanjut dan kita aparat selalu apapun yang terjadi,” ujar dia.

Ditekankan, intinya kita aparat harus selalu siap setiap saat apapun yang terjadi. Penundaan dan lain sebagaianya itu mekanisme dan ritme yang terjadi di kita, tapi kita tetap siap semuanya melakukan pengamanan kegiatan ini.

“Andai kata nanti disuruh stand by ditempat masing-masing dan sebagaimananya tidak ada masalah. Tapi kita sudah siap melaksanakan pengamanannya,” kata Syaiful.

Lanjut dia, harapannya kita tetap harus tetap memonitor situasi yang ada dan kemudian memonitor juga perkembangan situasi perintah apabila terjadi perubahan-perubahan situasi.

Untuk diketahui, sesuai jadwal yang diperoleh media, Istri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama rombongan menggunakan pesawat Kepresidenan dari Bandara Eltari Kupang menuju Bandara A.A Bere Tallo Haliwen, Atambua.

Selanjutnya usai penyambutan RI 4 beserta rombongan menuju ke Rumjab Bupati, kemudian lanjut ke Hotel Matahari untuk melaksanakan kegiatan inti pertemuan. Selesai itu menuju Galeri Tenun dan lanjut ke PLBN Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur.