KPU Nagekeo Akan Gelar PSU di Tiga TPS

Spread the love

Laporan Peter Tenda
Pemungutan Suara ulang (PSU) akan di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nagekeo pada tiga tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kecamatan berbeda yakni TPS 01 di Kelurahan Mbay I, kecamatan Aesesa, TPS 02, di desa Tenda Toto, kecamatan Wolowae dan TPS 01 di Desa Utetoto, kecamatan Nangaroro.

PSU ini direkomendasikan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nagekeo karena pada tiga TPS tersebut ditemukan kasus yang hampir serupa yakni pemilih yang bukan merupakan penduduk setempat dengan KTP luar daerah diterima oleh Petugas Pemungutan Suara untuk melakukan pencoblosan.

KPU Nagekeo melalui juru bicaranya, Yohanes Baptista Lagho kepada NTTOnlinenow.com di kantor KPUD Nagekeo pada Kamis 25 April 2018 menyampaikan bahwa KPUD Nagekeo siap menyukseskan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan optimis akan keberhasilan PSU yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 April mendatang.

“KPUD Nagekeo optimis PSU akan berjalan baik dan lancar, penyelenggaraan Ini bukan hanya KPU, keberhasilan ini juga harus ada dukungan dari peserta pemilu itu sendiri, dari masyarakat itu sendiri, dengan dukungan itu semua saya yakin semua akan berjalan baik,” ungkap Yohanes.

Dia mengakui bahwa KPUD Nagekeo telah melakukan rapat kordinasi dengan pihak keamanan demi kesuksesan penyelenggaraan PSU dan aparat keamanan telah menyatakan kesediaannya untuk mengawal proses PSU di masing-masing TPS.

Selain itu, pihak penyelenggara yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tiga kecamatan sudah berkoordinasi untuk menyukseskan PSU.

Sementara itu, Abdulah syukur Anggota Kordiv SDM dan Organisasi Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Nagekeo ketika ditemui media ini di Kantor Bawaslu Nagekeo menyampaikan hal senada bahwa Bawaslu Nagekeo siap melakukan pengawasan demi kesuksesan PSU di Kabupaten Nagekeo.

“Kami dari Bawaslu tidak hanya sekedar merekomendasikan untuk melakukan PSU tapi kami juga siap melakukan pengawasan, mulai logistik sampai pada proses PSU nanti,” ungkap Abdulah.

Lebih lanjut Dia menjelaskan bahwa, PSU yang di rekomendasikan Bawaslu Nagekeo hanya pada 4 Kategori yakni pemilihan Presiden, pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi minus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Aesesa AKP Ahmad, ketika dimintai keterangan soal strategi pengamanan yang telah disiapkan pihak keamanan dalam mengawasi PSU menerangkan, pihak kepolisian siap mengamankan dan menjamin keamanan PSU.

“Untuk PSU kami dari aparat kepolisian sudah menyiapkan pengamanan yang ekstra ketat, dan menjamin bahwa tidak akan ada potensi konflik dalam PSU. Besok 15 orang brimob akan tiba di Nagekeo untuk membantu pengamanan di Nagekeo pada tiga TPS yakni dua TPS di wilayah kami ini yaitu di Mbay I dan Wolowae,” jelas Kapolsek Aesesa saat di jumpai Media ini di Kantor polsek Aesesa pada hari Kamis 25 april 2019.