Marthen Bana – Imanuel Lodja Pimpin AJI Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang menggelar Konferensi Kota (Konferta) ke-3 Tahun 2019, Sabtu (13/4/2019). Salah satu agenda dalam Konferta AJI Kota Kupang yaitu pemilihan ketua dan sekretaris baru.

Dalam konferta ini, Marthen Bana dan Imanuel Lodja terpilih terpilih menjadi ketua dan sekretaris yang baru untuk periode 2019-2022, menggantikan Alexander Dimoe dan Yohanes Seo sebagai ketua dan sekretaris periode 2015-2018.

Kegiatan Konferta AJI Kota Kupang ke-3 tahun 2019 ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI Indonesia, Revolusi Riza dan dihadiri seluruh anggota AJI Kota Kupang dan sejumlah undangan lainnya.

Revolusi Riza mengatakan, regenerasi kepengurusan merupakan salah satu mandat yang diatur dalam Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi wartawan AJI. Maksimal jabatan ketua dibolehkan berturut-turut dua kali.

“Ini semata-mata memang perlu dilakukan agar ada regenerasi kepengurusan dan untuk mengevaluasi kinerja kepengurusan sebelumnya,” ungkap Revolusi.

Dia berharap kepengurusan AJI Kota Kupang tiga tahun ke depan dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan, sehingga bisa membawa misi jurnalisme di Indonesia khususnya di Kota Kupang menjadi lebih baik.

“Karena masih banyak tantangan cukup berat dan juga masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh AJI. Berorganisasi di AJI membutuhkan energi dan semangat karena organisasi ini non profit, imbalan gaji atau apa pun sebab sifatnya sukarela, sehingga keikhlasan dalam bekerja menjadi penting,” ujarnya.

Ketua AJI Kota Kupang terpilih, Marthen Bana mengatakan, dalam kepengurusan AJI Kota Kupang yang baru ini akan berupaya mewujudkan misi AJI yaitu mewujudkan kebebasan pers dan profesionalisme pers yang menjunjung tinggi kode etik dan kode perilaku jurnalis khususnya di Kota Kupang.

“Terpenting yang akan kami lakukan adalah peningkatan kapasitas dan kompetensi jurnalis khususnya bagi anggota AJI Kota Kupang. Selain itu, AJI Kota Kupang selama ini masih bergumul untuk memiliki sekretariat, karena itu kami akan berupaya untuk mewujudkannya, sehingga bisa mendukung kerja AJI Kota Kupang,” ungkapnya.

Marthen mengatakan, akan mengembangkan literasi media kepada masyarakat khususnya di Kota Kupang tentang pers yang profesional, agar terwujudnya kebebasan pers di daerah dan tumbuh kepercayaan publik terhadap kerja-kerja jurnalistik.

“Karena salah satu fungsi media adalah menumbuhkan kepercayaan publik terhadap produk jurnalistik. Karena itu kami membutuhkan dukungan dari semua pihak,” tandasnya.

Berikut komposisi kepengurusan AJI Kota Kupang Periode 2019-2022 sebagai berikut;

Mejelis Etik:

  1. Fred Benu
  2. Gadrida Djukana
  3. Simon Petrus Nili

Ketua: Marthen Bana
Sekretaris: Imanuel Lodja

Divisi Organisasi

  1. Djemy Amnifu (Ketua)
  2. L. Ng. Mbuhang (Anggota)
  3. Stenly Boimau (Anggota)

Divisi Advokasi

  1. John Seo (Ketua)
  2. Riflan Hayon (Anggota)

Divisi Ketenagakerjaan

  1. Obed Gerimu
  2. Adi Rianghepat

Divisi Gender, Anak dan Kelompok Marginal

  1. Retno Irawati (Ketua)
  2. Linda Makandolu (Anggota)

Divisi Usaha

  1. Alex Dimoe
  2. Kristo Embu

Divisi Pendidikan, Komunikasi dan Data

  1. Palce Amalo (Ketua)
  2. Jean Neno (Anggota)

Divisi Hubungan Luar Negeri

  1. Edy Olin (Ketua)
  2. Yansen Bau (Anggota)