Pam Paskah, Prajurit Tunjukan Sikap Humanis dan Simpatik

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Anggota Polres dan Personel TNI yang bertugas di Kabupaten Belu dan Malaka selalu menjaga fisik dan mental secara baik untuk melaksanakan pengamanan perayaan Paskah tahun 2019.

Tidak saja itu, Anggota Polri juga harus tunjukan sikap humanis dan simpatik kepada masyarakat di dua wilayah hukum Polres Belu. Anggota gerakan semua tenaga dan pikiran guna kepentingan masyarakat sehingga situasi tetap kondusif.

Menurut Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, hal itu berkaitan dengan tugas kepolisian dalam menjaga situasi keamanan pada dua momen besar yakni pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 dan pengamanan perayaan Paskah umat Kristiani.

“Dua kegiatan ini tentu membutuhkan kerja keras dari aparat keamanan agar situasi keamanan tetap kondusif baik saat pemilu maupun saat perayaan Paskah,” kata Tobing saat Apel Gelar Pasukan Semana Santa Turangga pengamanan Paskah tahun 2019 di Mapolres Belu, Kamis (11/4).

Dituturkan bahwa, pengaman Pemilu serentak tahun 2019 bersamaan dengan pengamanan perayaan Paskah. Dua momen besar ini aparat keamanan wajib menjaga keamanan sehingga situasi tetap kondusif.

“Baik saat Pemilu maupun saat perayaan Paskah. Untuk itu Prajurit TNI dan anggota Polri siapkan fisik dan mental yang baik kepada masyarakat,” pinta Tobing.

Lagi dia tekankan, Personel tunjukan sikap humanis dan simpatik kepada masyarakat dan gerakan semua tenaga dan pikiran untuk kepentingan masyarakat. Menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif merupakan tugas pelayanan sekaligus ibadah yang tidak dapat dinilai dengan apapun.

“Karena itu Anggota Polri dan TNI melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab. Tetap bersinergi dengan semua stakeholder dan lintas instansi terkait,” tegas dia.

Operasi Semana Santa Turangga berlangsung selama 15 hari terhitung mulai tanggal 11 April hingga 21 Arpil 2019.

Tambah Tobing, Polres Belu bersama Kodim 1605/Belu serta stakeholder serta intansi terkait di wilayah perbatasan siap melakukan kegiatan operasi samana santa menjaga mengamankan perayaan Paskah di Belu dan Makaka.

“Kegiatan dilaksanan secara bersama. 300 Personel akan divoting di tempat tempat-tempat seperti gereja dengan sasaran orang dan barang yang akan kita lakukan pemeriksaam untuk mengantisipasi tidak terjadi kegiatan kriminal atau hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar dia.

Sementara Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho meminta agar Personel keamanan bersama instansi teknis tetap menjaga situasi saat ini terutama menjelang Pemilu serentak bersamaan hari raya Paskah.

“Kita harap dua even itu dapat terlaksana dengan sukses, aman dan sejuk di wilayah Belu dan Malaka,” harap Ari Nugroho.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Semana Santa Turangga dalam rangka pengamanan Paskah tahun 2019 itu Wakapolres Belu, Para Perwira Polres Belu, Para Perwira Kodim 1605/Belu serta Perwira Yonif RK 744/SYB, Satgas Yonif Raider 408/SBH, perwakilan Dishub dan Pol PP Belu serta undangan lainnya.