TNI-POLRI Siap Amankan Pemilu di Belu-Malaka Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Polres Belu menggelar apel gabungan TNI dan Polri dalam rangka pengamanan dan pengawalan logistik menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Kamis (11/4/2019).

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing memastikan prajurit TNI dan anggota Polri bersinergi dalam tugas pengamanan Pemilu 2019 serentak di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka.

Dalam pengamanan Pemilu serentak itu Anggota Polri selalu bersinergi dengan TNI dan intansi terkait lainnya. Sinergitas TNI dan Polri turut mendukung suksesnya pelaksanaan tugas dalam mengamankan Pemilu serentak 2019.

“Saya harap Prajurit TNI dan Polri tetap menjaga sinergitas dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu dari tahap awal hingga akhir sehingga berjalan aman, lancar dan sejuk,” pinta Tobing.

Dituturkan, jumlah personel yang dikerahkan untuk pengamanan TPS sebanyak 636 orang yang terdiri dari, Polres Belu 516 personel dan personel BKO sebanyak 120 orang. 60 personel BKO Brimob Kompi Pelopor Belu terdiri dari 30 personel untuk Kabupaten Belu dan 30 Kabupaten Malaka. Personel BKO Dalmas Polda NTT 60 orang dibagi dua di Belu dan Malaka.

“Total personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2019 di dua wilayah sebanyak 3492 personel yang terdiri dari personel Polres 636 orang, TNI 346 orang dan Linmas 2.512 orang,” urai Tobing.

Dikatakan, personel gabungan TNI-Polri bersama anggota Linmas akan ditempatkan di 1.256 TPS yang terbagi di Kebupaten Belu sebanyak 623 TPS dan di Malaka 639 TPS. Kekuatan personel PAM TPS ditempatkan di TPS kurang rawan, TPS rawan dan TPS sangat rawan.

Sementara itu Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho meminta kepada seluruh personel TNI-Polri tetap menjaga sinergitas di lapangan dalam mengamankan pesta demokrasi sehingga berjalan aman, lancar dan sukses.

“Tetap bersinergi di lapangan dan tetap menjaga netralitas,” tegas Ari Nugroho.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/SBH, Wakapolres Belu, Dansubpom Atambua, Perwakilan dari Yonif Raidersus 744/SYB, Para Perwira Kodim 1605/Belu, para Perwira Polres dan seluruh Kapolsek serta peserta apel Personel Polres Belu, Brimob, Kodim Belu, Satgas Yonif Raider 408 serta Yonif RK 744/SYB.