KPU Belu Gelar Sosialisasi Peraturan Pungut Hitung

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu gelar sosialisasi Peraturan KPU nomor 4 tahun 2019 tentang rekapitulasi hasil perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum, Jumat (12/4/2019).

Selain itu disosialisasikan juga Peraturan KPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih pada pemilihan umum serta Peraturan KPU nomor 9 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan KPU nomor 3 tetang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum.

Materi sosialisasi yang berlangsung di Kantor KPU Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste disampaikan langsung Ketua KPU, Mikhael Nahak didampingi komisioner KPU drh. Herlince Emiliana Asa.

Adapun peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain, para Pimpinan Parpol, Ketua Bawaslu Belu beserta Komisioner, Pejabat Kesbangpol Belu, tokoh masyarakat serta insan pers.

Dalam sosialisasi itu, Ketua KPU Mikael memaparkan sejumlah poin penting dalam Peraturan KPU seperti aturan saat pungut hitung, peran saksi, KPPS, prosedur pemungutan suara dari pemilih DPT, pemilih DPTB dan pemilih khusus.

Tidak saja itu, pihak penyelenggara Pemilu itu juga menjelaskan simulasi perolehan kursi hasil Pemilihan Umum kepada peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

“KPU memberikan sosialisasi tentang beberapa Peraturan KPU, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat pemilih, Pimpinan parpol dan Caleg,” kata Nahak.