Resah Anjing Rabies, Warga Minta Pemerintah Vaksinasi Rabies

Spread the love

Laporan Peter Tenda
Nagekeo, NTTOnlinenow.com – Warga Desa Maropokot, kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, kembali diresahkan oleh serangan anjing yang diduga anjing gila (Rabies). Keresahan warga ini terjadi ketika seekor anjing yang diduga Rabies, secara membabi buta menyerang hewan peliharaan warga desa Maropokot dari rumah ke rumah, Rabu (10/4/2019).

Menanggapi kejadian ini, Matias Ora, Warga Dusun dua, Desa Maropokot meminta kepada kepada pemerintah untuk segera melakukan Vaksinasi Rabies secara massal demi menghindari penyebaran virus Rabies yang dikhawatirkan akan menyerang ternak lainnya dan berdampak pada meluasnya penyebaran virus Rabies.

“Kalau boleh dari pihak pemerintah supaya lebih cepat melakukan Vaksinasi anjing-anjing yang tersisa itu, jangan sampe melibatkan dengan anjing-anjing lain akhirnya masyarakat jadi resah juga,” ujarnya kepada media ini.

Lebih lanjut Matias mengatakan bahwa, hal harus disikapi dengan serius oleh pemerintah, ia khawatir anjing yang terjangkit virus Rabies ini akhirnya menyerang warga setempat, misalnya anak sekolah saat berangakat maupun pulang sekolah.

“Sekarang masih beruntung anjing ini hanya gigit sesama binatang, kalau gigit manusia bagaimana? Kita takut anak sekolah saat pergi pulang sekolah tu,” demikian tuturnya.

Informasi berhasil dihimpun media ini dari masyarakat, terjadi pada hari Rabu 10 April 2019 dini hari, anjing yang diduga Rabies menyerang anjing lainya yang merupakan anjing peliharaan masyarakat Dusun dua Desa Maropokot secara berurutan pada beberapa rumah warga. Ketika dikejar warga akhirnya anjing tersebut lari dari pemukiman kewilayah persawahan di daerah dusun 3, Desa Maropokot dan menyerang hewan peliharaan warga, anjing itu berhasil menggigit beberapa ekor kucing milik warga dan hendak menyerang ternak peliharaan lainnya seperti babi dan kambing namun berhasil dihalau warga. Ketika di kejar warga dan berniat membunuhnya, anjing tersebut berhasil kabur dari hadangan warga. Kejadian terjadi kurang lebih pukul 07.00 wita.

Pada pukul 17.00 wita, anjing Rabies ini kembali menyerang warga di daerah persawahan dan menyerang anjing milik ibu Yuliana Goo dan berhasil menggigitnya, kemudian berpindah dan hendak menyerang dan menggigit kambing peliharaan warga, tapi karena dia kejar warga akhirnya terus berlari dan hendak menyerang salah salah satu warga atas nama Gabriel lewa Namun beliau mampu menghindarinya dan berhasil selamat dari serangan anjing tersebut. Berkat kerja sama warga akhirnya anjing Rabies tersebut berhasil dibunuh kemudian dibakar dan dikuburkan warga.