Dandim 1605/Belu: Penerimaan Prajurit TNI AD Tidak Dipungut Biaya

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho menjelaskan bahwa penerimaan seorang Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat tidak dipungut biaya. Sebab dilaksanakan secara transparan dan obyektif guna menghasilkan prajurit TNI AD yang profesional dan tangguh.

Demikian Dandim Ari Nugroho saat memberikan arahan kepada orang tua calon dan calon siswa dalam rangka pelaksanaan kegiatan penerimaan Tamtama PK TNI AD TA. 2019 di wilayah Kodim 1605/Belu di Aula Darma Andika Makodim Belu, Timor Barat perbatasan Indonesia-Timor Leste, Jumat (5/4/2019).

Ari Nugroho menegaskan bahwa, untuk menjadi prajurit TNI AD merupakan hak seluruh warga negara yang memenuhi syarat dengan melewati berbagai seleksi yang sudah ditentukan untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa dalam pengabdiannya di satuan TNI AD.

“Penerimaan menjadi seorang calon prajurit TNI AD tidak dipungut biaya. Jangan sekali-kali percaya kepada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan pribadinya,” pesan dia.

Ari Nugroho menuturkan, untuk menjadi seorang calon prajurit TNI AD harus melalui berbagai macam persyaratan diantaranya Persyarata umum, administrasi, kesehatan, jasmani, wawancara dan psikologi.

“Untuk masuk pendidikan seorang calon prajurit harus sehat jasmani dan rohani melalui beberapa tahapan seleksi karna sehat jasmani dan rohani sangat penting sekali untuk menentukan kelulusan anak itu sendiri,” ujar dia.

Terkait itu, Dandim Belu berpesan tugas sebagai orang tua adalah mendorong anak-anaknya sejak mulai dari sekolah. Membatasi pergaulan mereka karna sebagai orang tua kita yang mengetahui keadaan dan kondisi anaknya.

Dalam penerimaan Prajurit TNI AD jelas dia, Kodim akan menyeleksi secara terbatas untuk para calon siswa yang akan mendaftar sebagai calon prajurit terlebih lagi mengenai tinggi badan dan buta warna.

“Sehingga pada saat menghadapi seleksi yang sebenarnya, tidak mengecewakan dan ini akan dilaksanakan melalui Koramil- Koramil,” sebut Ari Nugroho.

Hadir dalam kegiatan pengarahan tersebut Danramil 1605-01/Kota Mayor Kav Yatman, Pasi Intel Kodim 1605/Belu Kapten Inf Yonathan Ndoluanak, Pasi Pers Kodim 1605/Belu Kapten Inf Wagino, Bamin Pers Kodim Serma I Made Dwi serta para orang tua calon dan calon siswa.