Danlantamal VII Hadiri Simulasi Sispam Pilpres dan Pileg

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H., menghadiri Kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 Serta Sispam Kota di Wilayah Provinsi NTT dalam rangka pengecekan kesiapan personel dalam rangka mengamankan tahapan Pemilu 2019 di NTT, yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) NTT di alun – alun rumah jabatan Gubernur NTT, Selasa (02/4/2019).

Diawali dengan pengecekan personel, pelaksanaan Simulasi Sistem Pengamanan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 Serta SispamKota dimulai dari kelompok Tri Matra melaksanakan Patroli menuju TPS – TPS sebelum dilakukan kegiatan pencoblosan. Pada pelaksanaan pemungutan Suara di TPS 08 Kelurahan Kuanino terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak membawa surat undangan namun massa tidak terima dan situasi semakin tidak kondusif massa semakin anarkis.

Dari kejadian tersebut Pihak TPS melaporkan terjadinya masalah kepada Kapolres Kupang Kota kemudian diturunkan 1 Kompi dalmas untuk mengamankan TPS tersebut. Saat Pelaksanaan pemungutan Suara selesai pihak TPS mengantarkan Kotak suara menuju Kecamatan namun pada saat perjalanan dilaksanakan penghadangan oleh massa yang ingin merebut Kotak Suara tersebut dan digagalkan oleh patroli keamanan dari Polresta Kupang Kota dan Kodim 1604/Kupang.

Pada saat pelaksanaan rapat Pleno rekapitulasi Pemungutan suara berlangsung ada massa yang datang ke KPU untuk melaksanakan unjuk rasa karena di duga terjadinya kecurangan pada waktu pemungutan suara, dan ingin pemungutan suara diulang kembali. Pihak pengamanan gabungan TNI dan Polri berhasil mengatasi permasalahan dan situasi kembali kondusif.

Demikian beberapa adegan simulasi pengamanan pemilu 2019 dan Sispam kota oleh Kepolisian Daerah NTT. Kegiatan ini bertujuan melalui sinergitas Polri – TNI dan pemerintah Daerah siap mengamankan Pemilu serentak 2019 guna menyukseskan pesta demokrasi diseluruh wilayah Indonesia, khususnya di NTT.

Kapolda NTT Inspektur Jenderal Polisi Drs.Raja Erizman mengatakan simulasi ini untuk memastikan kesiap siagaan anggota Polisi dan TNI sehingga situasi apapun yang terjadi dapat diantisipasi dengan cepat, Ia berharap dengan simulasi ini anggota di lapangan mengetahui tugasnya masing – masing sesuai dengan perekembangan kondisi keamanan.

Sementara itu hal senada juga disampaikan Danlantamal VII Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H., yang memastikan TNI Angkatan Laut siap mengamankan pelaksanaan Pemilu agar berjalan aman dan kondusif, menurut Danlantamal VII “ TNI AL telah melakukan simulasi dan latihan pengamanan bahkan 1 KRI yakni KRI Usman Harun – 359 akan disiagakan di Wilayah NTT selama pelaksanaan Pemilu 2019 “ Ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabinda NTT, Danrem 161/WS, Danlantamal VII Kupang, Wakapolda NTT, Kadisops Lanud El Tari Kupang, Ketua KPU Provinsi NTT, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda NTT, Kajati Provinsi NTT, Ketua MUI. Dispen Lantamal VII