HUT Yonif Mekanis 741/GN, Pos Manamas Bhakti Sosial

Bagikan Artikel ini

Laporan Yan Meko
Manamas, NTTOnlinenow.com – Sejumlah anggota TNI pos Manamas RI – RDTL dalam tugasnya sebagai penjaga perbatasan tidak hanya fokus mengontrol perbatasan tapi rutin lakukan penetrasi bersama warga desa Manamas, Kecamatan Nai’Benu, kabupaten TTU, untuk membantu meringankan beban warga.

Sikap kesatria ini mendorong pasukan dari kesatuan Yonif Mekanis 741/GN untuk tidak berpangku tangan melihat penderitaan rakyat tapi cepat tanggap dan terjun langsung membantu warga hingga seragam loreng penuh lumpur.

Dalam rangka memeriahkan HUT Yonif Mekanis 741/GN yg ke 4, Senin (25/03/2019) pasukan ini tidak melakukan pesta tapi melakukan berbagai Bhakti sosial bersama warga desa Manamas.

Dibawah pimpinan Danpos, Letda inf Taufiq Dharmawan, sejumlah anggota TNI ini melakukan bersih kampung, pengobatan gratis dan pembagian sembako kepada warga yang layak dibantu.

Tidak hanya itu, sebelumnya, Senin (18/03/2019) Pak Taufiq dan anggotanya membantu 15 warga Manamas yang tidak memiliki kebun dengan membuka lahan baru bagi mereka. Lima belas warga ini dibantu sekaligus diajarkan untuk berkebun tak harus tebas bakar tapi cukup dengan olah lubang dan atau olah jalur.

Warga pun senang dan semakin sayang pada Pak Taufiq Dharmawan dan 12 anggotannya.

Warga yang mulai panen jagung muda, terus mengundang TNI untuk berdoa dan bersyukur atas berkat hasil kebun yang berlimpah. Bakar, rebus dan makan bersama di kebun itu telah menjadi hal biasa bagi semua anggota keamanan batas negara ini.

“Kami bersyukur karena dipercayakan negara untuk mengemban tugas mulia di batas negara ini. Kami rutin lakukan operasi tapi tidak menutup mata untuk penderitaan rakyat Manamas dan sekitarnya. Kami akan spontan membantu warga sejauh itu tidak melanggar aturan. Memberikan pencerahan untuk warga memiliki kebun, harus berbudaya bersih untuk kesehatan lingkungan dan mengobati yang sakit. Tipikal warga Manamas pada umunya polos dan penurut jadi tinggal kita arahkan saja”, terang Danpos Manamas, Letda Inf. Taufiq Dharmawan kepada media ini.

Sementara seorang tokoh warga Manamas, Antonius Lasi ketika ditanyai terpisah mengakui kepedulian anggota TNI di pos Manamas.

“Sejumlah anggota TNI dibawah komando Pak Taufiq, selalu rutin terjun membantu warga. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI yang patut kita tiru. Kehadiran mereka kendati belum begitu lama tapi warga telah senang pada mereka karena sikap welas asih alias kasih sayang mereka semakin nampak. Saya sebagai warga saya sangat bangga dan patut kita ucapkan terima kasih berlimpah kepada pak Taufiq dan anggota”, puji Bapak Anton sembari tersenyum.