Pemkot Kupang Akan Menutup 165 Warung Makan Tanpa Ijin Laik Higienis

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang akan menutup sementara 165 Warung makan di Kota Kupang yang belum mempunyai ijin laik higienis. Pasalnya pemerintah Kota Kupang mengkhawatirkan makanan yang dijual tidak layak konsumsi sehingga butuh pemeriksaan dari dinas kesehatan untuk penentuan layak atau tidak makanan yang dijual.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Ary Wijana kepada wartawan di Kupang, Senin (25/03/2019).

Menurutnya, setiap warung seharusnya memiliki sertifikat laik higienis yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota guna mengendalikan faktor makanan, orang, tempat, proses pengolahan dan perlengkapan pengolahan makanan yang dapat atau dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.

Dengan demikian, Kata Ary sertifikat laik higienis merupakan alat pengawasan bagi pemerintah dalam rangka perlindungan konsumen dan menurunkan gangguan bagi kesehatan masyarakat.

Selain itu, Kata Ary, Pemerintah kota juga akan menutup sementara 301 Warung makan di Kota Kupang yang sudah mempunyai ijin laik Higienis, namun ijin tersebut telah mati, sehingga dinas kesehatan akan menutup sementara warung-warung tersebut sampai mereka memperpanjang ijin tersebut.