Lagi, Satgas Yonmek 741/GN Pos Napan Gagalkan Penyelundupan BBM

Spread the love

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara kembali menggagalkan upaya penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM).

BBM itu digagalkan personel Pos Napan di jalan tikus Desa Napan Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste yang dipimpin Danpos Letda Inf. M. Sadly.

Danstagas Pamtas Yonmek 741, Mayor Inf Hendra Saputra dalam keterangan pers yang diterima nttonlinenow.com, Selasa (19/3/2019), barang bukti berupa 24 jerigen BBM sejumlah 120 Liter dengan jenis solar 75 liter, minyak tanah 25 liter dan bensin 20 liter digagalkan pada hari Senin tanggal 18 Maret 2019 pukul 03.00 Wita.

Dituturkan, kejadian ini bermula saat Patroli yang dipimpin oleh Letda Inf. M Sadly bersama dengan Pratu Pardi, Pratu Heri, Pratu Panji, Prada Agoes P Jabatan, Prada Agung PN, Prada Faishal melaksanakan pengendapan disekitar areal sektor kiri wilayah Pos Napan dengan arah rute sektor Kiri.

Lanjut Hendra, patroli tiba di BSP 062/2008 dan kemudian melaksanakan istirahat. Setelah melanjutkan perjalanan menuju BSP 064/2008 tiba-tiba patroli terhenti karena dari Pratu Maulana R melihat dan menemukan sebuah timbunan ditutupi dahan-dahan pohon yang mencurigakan.

“Setelah itu Letda Inf. M. Sadly memerintahkan Pratu Pardi dan Prada Agoes untuk melakukan pengecekan. Setelah cek ditemukan 24 jerigen yakni 120 liter dengan rincian bensin 20 liter, minyak tanah 25 liter dan solar 75 liter yang diletakkan dengan tidak beraturan dan disembunyikan dalam rimbunan pepohonan kecil serta ditutupi patahan ranting,” sebut dia.

Selesai itu, Letda Inf. M. Sadly memerintahkan kepada seluruh personel untuk melaksanakan pengecekan di sekitaran tempat diketemukannya timbunan BBM untuk mencari di sekitar lokasi apakah ada pemilik barang bukti atau tidak.

Setelah tidak diketemukan pemilik barang bukti, Letda Inf M. Sadly beserta anggota patroli melaporkan penemuan tersebut kepada Dankipur 1 Lettu Inf Teguh Prastyo tentang penemuan penimbunan BBM selanjutnya melaporkan temuan kepada Dansatgas

“Barang bukti BBM langsung diserahkan dan diamankan di Mako Satgas Yonif Mekanis 741/GN. Kepada satuan bawah agar lebih intens melaksanakan kegiatan anjangsana di wilayah Desa binaan dan terus tingkatkan kewaspadaan terutama saat melaksanakan Patroli,” pesan Hendra.