Peningkatan Energi Baru Terbarukan, PT PLN UIW NTT Beli Listrik PLTS

Spread the love

Kupang, NTTOnlinenow.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur membeli listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). ‎Pembelian ini ditandai dengan dilakukannya Penandatanganan Tanggal Operasi Komersial PLTS Maumere – Ropa – Ende Kapasitas 2×1 MWp antara PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur dengan PT Indo Solusi Utama di Kantor PLN UIW NTT, Rabu 13 Maret 2019.

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Ignatius Rendroyoko mengatakan, “akhirnya Peningkatan sistem di dua tempat menambah kekuatan, saya harap PLTS ini akan handal dan Satu intensi kami, PLN UIW NTT akan selalu menjadi terbaik implementasi energi baru terbarukan dengan dua variable ini yakni matahari dan angin, semoga sistem bisa menyesuaikan diri dan menunjukkan bahwa sistem flores akan mampu dan semoga kerjasama kedepannya terus baik dalam pemeliharannya juga” ungkap Yoko.

Lanjutnya, “Selain itu, Penambahan pasokan listrik tentu bisa menjadi katalisator pembangunan ekonomi di NTT dan pelayanan ke masyarakat, karena ini bukti komitmen PLN dan para pemangku kepentingan dalam rangka pengurangan emisi dan peningkatan energi baru terbarukan.”tambah Yoko.

PLTS Maumere – Ropa – Ende berlokasi di dua tempat yaitu Desa Wairbleler, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka dan Desa Popanda, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende. Pekerjaan pembangunan PLTS ini akan beroperasi efektif sejak 14 Maret 2019 dan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 2.634.500 kWh per tahun atau sebanding dengan 724.488 liter solar per tahun. Listrik yang dihasilkan PLTS Maumere – Ropa – Ende akan disalurkan melalui jaringan distribusi 20 kilo Volt (kV) pada sistem Maumere dan sistem Ende.

Sementara itu, dari Direktur PT Indo Solusi Utama Rici Cakra Perwira menyampaikan, “Terima kasih PLN atas acara penandatanganan pada hari ini, hal ini mendukung program pemerintah untuk solar cell. Kami sadar walaupun ada tantangan yang harus lalui dalam penyelesaian pembangunan PLTS Maumere-Ropa-Ende dan kami selalu di dukung oleh PLN , ESDM dan instansi daerah dan Kedepannya kami akan terus mendukung keberadaanya PLTS ini. Ucap Rici