DPRD NTT Sosialisasi Perda Olahraga

Spread the love

Kupang, NTTOnlinenow.com – Peraturan Daerah (Perda) Provinsi NTT Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan dan Perda APBD Provinsi NTT tahun anggaran 2019 mulai disosialisasikan. Seluruh Anggota DPRD Provinsi NTT secara serentak melakukan sosialisasi di seluruh kabupaten/kota, tidak terkecuali Kabupaten Flores Timur dalam hal ini di wakili oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT Alexander T. Ofong, S.Fil, Ketua Fraksi PDIP Gulielmus A.D. Beribe, S.Pd dan Ketua Fraksi PKS Anwar Hajral, ST. Penyebarluasan atau sosialisasi tersebut digelar di aula dinas pendidikan, pemuda dan olahraga kabupaten flores timur, kota larantuka, NTT kamis (14/3/2019).

Sosialisasi yang berlangsung selama 3 jam itu diawali ucapan selamat datang oleh kepala dinas PPO kabupaten Flotim yang diwakili oleh kepala bidang pengembangan olahraga kabupaten flores timur, Biato Lamauran, M.Kes, dinas PPO lewat salam olahraganya “jaya” kabupaten Flotim mengapresiasi kinerja lembaga DPRD Provinsi NTT yang sudah bekerja keras mendorong terbentuknya Perda penyelenggaraan Keolahragaan di NTT. Acara itu dihadiri sejumlah perwakilan dari 15 cabang olahraga kab. flotim, kepengurusan KONI kab.flotim, guru-guru bidang olahraga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait bidangi olahraga .

Dalam rangka mendukung dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia NTT yg memiliki daya saing,semangat dan daya juang yang tinggi melalui upaya pembangunan dibidang keolahragaan, secara gamblang, politisi nasdem, alexander ofong menjelaskan proses terbentuknya perda ini. menurut alexander ofong perlu adanya sebuah sistem penyelenggaraan olahraga yang baik mulai dari proses pembinaan (bab II) sampai pada tahap pengawasan (bab XI), ” kami berharap dengan adanya perda ini menjadi payung hukum dan landasan bagi seluruh kabupaten/kota khususnya di kabupaten flotim sehingga dapat mendorong kabupaten/kota dan khususnya flotim menjadi kabupaten pertama yang dapat membentuk perda kabupaten keolahragaan pertama di NTT guna mendukung, tujuan keolahragaan nasional”.

Dalam sesi tanya jawab, ketua fraksi PDIP, Gulielmus A.D. Beribe, menanggapi salah satu pertanyaan tentang pendanaan pada pasal 25 dimana tidak dicantumkan besaran porsi terhadap pendanaan penyelenggaraan olahraga, politisi partai PDIP tersebut mengatakan besaran pendanaan bagi keolahragaan memang belum ada standar secara nasional seperti bidang kesehatan dan pendidikan namun di harapkan agar lewat perda ini dapat di follow up di tingkat kabupaten/kota. Lebih lanjut, alexander menambahkan bahwa dengan lahirnya perda ini, dapat menjadi kekuatan serta landasan dalam hal pembiayaan dalam penyusunan anggaran kabupaten/kota sehingga pendanaan bisa di atur secara baik dengan menyasar aspek serta orientasi yang tepat.

Peraturan Daerah Provinsi NTT nomor 3 tahun 2019 ini terdiri dari 12 Bab dan 27 pasal serta tambahan lembaran penjelasan yang di tetapkan dan ditanda tangani oleh Gubernur NTT tgl 07 Februari 2019.Acara sosisalisasi ini mendapat respon positif dari seluruh peserta. Perda ini menjadi motivasi dan optimisme bagi setiap pihak terkait.
Salam olahraga! Jaya!