Ratusan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang Disertai Hujan Lebat di Kota Kupang

Spread the love

Kupang, NTTOnlinenow.com – Akibat bencana angin kencang diseratai hujan yang terjadi Minggu (10/3/2019) kemarin, terdata sebanyak 400 rumah milik warga Kota Kupang. Selain itu, banyak juga pohon tumbang yang menimpa kendaraan milik warga, dan fasilitas umum seperti Rumah Sakit Bhayangkara.

Kepala BPBD Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, saat bencana tersebut semua tim BPBD langsung turun di lapangan untuk mengevakuasi, bekerjasama dengan pihak kelurahan dan lainnya.

“Yang pertama kami lakukan adalah membersihkan pohon-pohon tumbang yang menutup akses jalan, juga pohon yang menimpa rumah warga,” katanya.

Ade mengaku, bencana angin disertai hujan ini merata di semua wilayah di Kota Kupang, 51 kelurahan di Kota Kupang ada korban, dari data 400 rumah rusak itu, semuanya tersebar di semua kelurahan.

“Kami masih melakukan pendataan terus, karena jumlah ini belum pasti, masih banyak tim di lapangan yang masih mendata, juga kami masih menunggu laporan warga. Dari kejadian ini ada satu korban luka ringan yang merupakan warga kelurahan Bello dan sudah dilarikan di RS St Carolus Beromeus Bello,” ungkap Ade.

Dia mengaku akan segera merealisasikan bantuan pangan terutama bagi warga yang rumah tinggalnya rusak berat, juga akan diberikan terpal dan tenda darurat. Saat ini masih menunggu data dari lapangan.

Sememtara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kupang drg. Retnowati mengatakan, Pemerintah Kota Kupang, mulai menyalurkan bantuan kepada korban yang terkena bencana. Untuk tahap awal, pemerintah telah menyalurkan bantuan berupa 50 terpal, dan 1000 dis mie instan.