PLN Sigap dan Kerja Keras Pulihkan Jaringan Listrik Pasca Badai Angin Terpa Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Badai angin kencang yang menghantam Kota Kupang dan sekitarnya, pada Minggu pagi, 10 Maret 2019, menumbangkan pepohonan, menghancurkan rumah-rumah dan fasilitas umum. Ada pula yang menimpa jaringan listrik mengakibatkan listrik padam di sebagian besar lokasi dalam kota Kupang dan sekitarnya.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kupang langsung mengerahkan semua petugasnya dalam 15 regu untuk terjun ke lokasi-lokasi bencana dan berjuang keras melakukan pemulihan.

Manajer PLN UP3 Kupang, Arif Rohmatin, di Kantor UP3 Kupang, menjelaskan dari 30 penyulang di Kota Kupang yang mengalami gangguan, pada pukul 14.00 Wita sudah enam penyulang yang sudah pulih. Kemudian pukul 18.00 Wita menjadi 24 penyulang berhasil dipulihkan.

Fokus pekerjaan pemulihan, lanjut Arif, pada jaringan tegangan menengah (TM). Setelah pulih, petugas melakukan penyisiran untuk memastikan keamanan baru arus dialiri.

“Penyulang yang lain sedang dalam proses pemulihan, dan akan menyala secara bertahap setelah pekerjaan perbaikan selesai dan benar-benar aman,” tambah Rohmatin.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Ignatius Rendroyoko, yang terjun langsung mendampingi proses pemulihan di Kantor PLN UP3 Kupang, memastikan tidak ada masalah dengan pembangkit.

“Semua mesin pembangkit siap dan beroperasi normal. Persoalan ada di jaringan yang menjadi korban angin kencang akibat tertimpa pohon, baik di jaringan tegangan menengah dan tegangan rendah,” ungkap Rendroyoko

Rendroyoko memohon pengertian dan kesabaran masyarakat dan memberi kesempatan kepada petugas PLN untuk melakukan pemulihan secara bert
ahap.

“Mohon masyarakat untuk bersabar, karena titik gangguan cukup banyak. Akibat pohon tumbang menimpa trafo, ada yang menimpa kabel TM, bahkan ada seng yang beterbangan menimpa kabel. Semuanya sedang ditangani,” jelas Rendroyoko.