Pisah Sambut Dandim Belu, Pesan Letkol Dwika Tetap Jaga Sinergitas di Batas Belu-Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Setelah satu tahun tiga bulan menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Kodim) 1605/Belu, Letkol Inf I Gusti Putu Dwika resmi menempati jabatan baru sebagai Waka Zidam IX/Udayana

Pejabat lama Letkol Inf I Gusti Putu Dwika dalam sambutan pisah sambut Dandim 1605/Belu di Graha Kirani, Selasa malam (26/2/2019) menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga Belu dan Malaka atas bantuannya yang telah mendukung kami bertugas kurang lebih 1 tahun 3 bulan.

“Terimakasih kami sudah banyak dibantu dari semua warga. Sehingga kegiatan-kegiatan yang ada di wilayah Belu dan Malaka dapat terlaksana dengan baik,” ujar dia.

Dwika juga menyampaikan terimakasih kepada Kapolres Belu atas kerjasama selama ini yang terjalin dengan baik. Selain itu kepada Pemerintah Belu dan Malaka serta stakeholder yang ada di dua wilayah.

“Terimakasih untuk Ketua Panitia atas persiapan acaranya. Sudah serah terima jabatan Komandan Kodim, sehingga saya harus melaksanakan tugas dengan jabatan Wakil Zeni di Kodam IX/Udayana di Denpasar,” jelas dia.

Kepada seluruh Anggota/PNS Kodim 1605/Belu, Dwika berpesan agar sama-sama mendukung Dandim baru melalui program-program kerja kedepan. Demikian juga program kerja Pemerintah Kabupaten Belu maupun Malaka.

“Tetap jaga sinergitas yang terjalin selama ini antar Instansi Pemerintah dua Kabupaten serta stakeholder yang ada. Mari kita tingkatkan lagi dan sukseskan program kerja Pemerintah bersama TNI-Polri juga Instansi lainnya,” pinta Dwika.

Ditegaskan, konteks daerah Belu dan Malaka yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste aturan memang harus tetap ditegakkan. Dia meminta agar seluruh warga harus saling bahu-membahu bersama-sama demi pembangunan daerah dan kesejahteraan warga.

“Mari kita semua dukung program-program yang ada di perbatasan Kabupaten Belu dan Malaka. Terimakasih sudah menjaga stabilitas di perbatasan dengan baik, tetap jaga sinergitas dan terus tingkatkan sehingga kedepan lebih baik lagi,” pesan Dwika.

Sementara itu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho meminta izin menjadi bagian dari warga masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka, guna melaksanakan tugas yang diemban sebagai Dandim 1605/Belu. Dia juga memohon dukungan dari seluruh warga agar mendukung tugas-tugas kedepan. “Mohon kerjasama dan koordinasinya dari seluruh masyarakat dalam mendukung tugas di dua wilayah perbatasan,” ujar dia.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing saat bertugas kerjasama Polres Belu dengan Dandim Belu sangat banyak kegiatan yang dilaksanakan dan koordinasi antar institusi juga stakeholder sangat baik. Banyak kegiatan positif yang dilakukan bersama-sama TNI-Polri dengan Pemkab dan stakeholder.

“Sangat baik kerjasama selama ini. Sinergitas antar institusi dan stakeholder terjalin dengan baik dan tetap terjaga demi kestabilan kamtibmas di dua daerah perbatasan ini. Kami juga harap karier, jabatan di tempat tugas baru sukses selalu,” ucap Tobing.

Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan menyampaikan atas nama Pemkab dan masyarakat kedua wilayah menyampaikan terimakasih kepada Dandim lama selama mengabdi di wilayah perbatasan Kabupaten Belu, Malaka dengan Timor Leste.

“Pertemuan telah merajut persaudaraan di ujung negeri rai Belu. Sinergitas yang terjalin baik selama ini antar institusi juga stakeholder sangat baik tetap dijaga demi keamanan dan kesuksesan warga di perbatasan,” pinta Ose.

Hadir dalam acara itu, para Perwira Kodim 1605/Belu, Perwira Polres Belu, Danyon RK 744/SYB beserta Perwira, Dansatgas Yonif Raider 408/SBH, Dansub POM, tokoh lintas Agama, Pimpinan OPD Belu dan Malaka, Pimpinan Forkopimda Belu, Pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.