Satgas Yonif 741 Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Karung Berisi Pakaian Bekas dan BBM

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Anggota Pos Napan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara berhasil gagalkan upaya penyelundupan karung berisi pakaian impor bekas, Selasa (19/2/2019) pukul 18.00 Wita di Pos Napan bawah, TTU, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Mayor Inf. Hendra Saputra dalam keterangan pers yang diterima media, Kamis (20/2/2019) malam.

Menurut Hendra, karung berukuran besar yang berisi pakaian impor bekas berjumlah dua diamankan Personel Pos Napan bawah saat melakukan patroli bersama di sepanjang garis perbatasan. Karung tersebut diselundupkan dari Timor Leste ke wilayah Indonesia.

“Saat ditengah patroli masyarakat informasikan ada gerak-geriknya mencurigakan saat akan dihampiri ada masyarakat kabur dan tinggalkan 2 karung berisi pakaian bekas layak pakai,” urai dia.

Tidak tanggung-tanggung Patroli Lanjut Hendra, sehari sebelumnya Pos Napan Bawah juga berhasil menggagalkan penyelundupan 215 Liter BBM jenis 90 liter solar, 30 liter minyak dan 95 liter bensin oleh 7 orang anggota yang dipimpin Wadanpos Serda Endrik.

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara amankan penyelundupan BBM ke Tiles

“Keesokan harinya Patroli Keamanan Pos Napan Bawah kembali menggagalkan penyelundupan 21 jerigen (105 Liter Jenis solar),” ujar dia.

Lanjut Hendra, dalam patroli keamanan yang dipimpin langsung Danpos Napan Letda Inf Sadly berhasil amankan sejumlah BBM dibalik gundukan ranting kayu yang ditinggalkan pemiliknya.

“Patroli keamanan yang dilaksanakan secara intens berbuah hasil. Ini prestasi yang sungguh membanggakan karena dari awal penugasan Pos Napan Bawah terus intens dalam melaksanakan pengamanan guna ketentraman dan kenyamanan masyarakat di perbatasan,” ucap dia.

Penemuan barang-barang illegal itu jelas Hendra langsung diamankan di Mako Satgas Sektor Barat Eban. Terkait adanya penggagalan penyelundupan ini, dirinya telah perintahkan kepada jajaran Satgas Yonif Mekanis 741/GN untuk lebih intens dalam pengawasan di wilayah masing -masing.

“Hal itu dimaksudkan agar hal-hal serupa tidak terjadi kembali sehingga keamanan masyarakat di perbatasan TTU dengan Distric Oecusse dapat terjaga,” akhir Hendra.