Jelang Pemilu 2019, KOMPAK Gelar Dialog Tentang Orang Muda Memilih

Spread the love

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komunitas Peacemaker Kupang (KOMPAK) yang di dalamnya tergabung orang muda lintas agama akan menggelar dialog guna meningkatkan kesadaran politik generasi muda, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Pemilu 2019.

Dialog dengan tema “Orang Muda Memilih, Orang Muda Mengawas”, akan digelar pada Kamis, 21 Fanuari 2019, pukul 9.00 Wita, bertempat di Neo Aston Hotel.

Koordinator KOMPAK, Zarniel Woleka sampaikan ini kepada NTTOnline di Kupang, Rabu (20/2/2019).

Zarniel menjelaskan, pemilu merupakan ajang kontestasi politik lima tahunan yang memberikan ruang bagi keterlibatan rakyat secara langsung dalam menentukan siapa pemimpinnya. Bagaimanapun pemimpin akan menentukan nasib rakyat melalui kebijakan publik dengan berdasarkan ketentuan hukum yang sah.

“Mereka adalah para penyelenggara negara, pengemban mandat rakyat untuk memastikan kesejahteraan dan terpenuhinya hak-hak rakyat,” ungkap Zarniel.

Menurut Zarniel, konstitusi telah menegaskan bahwa kedaulatan adalah di tangan rakyat. Melalui penyelenggaraan pemilu, baik presiden dan wakil presiden serta legislatif, harus dimaknai sebagai penyerahan mandat rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Oleh karena itu, lanjut dia, penyelenggaraan pemilu tidak bisa dilepaskan dari peran publik, pemilih dan warga negara. Bagaimanapun rakyat adalah pemilik kedaulatan sesungguhnya. Sebagai pemilik kedaulatan, berdasarkan kesepakatan bersama, rakyat memberikan kedaulatannya kepada penyelenggara negara.

“Berdasarkan latar tersebut, peran publik, pemilih terutama pemilih pemula dan warga negara tidak bisa diabaikan,” jelas Zarniel.

KOMPAK sebagai komunitas belajar cinta damai, merasa penting untuk meningkatkan kesadaran politik generasi muda NTT pada Pemilu 2019, sekaligus memastikan orang muda memahami perannya sebagai pemilih sekaligus pengawas Pemilu 2019 yang damai dan anti SARA.

“Karena itu kami mengajak berdialog tentang orang muda nemilih, orang muda mengawas, yang akan dilaksanakan bersama KPU Kota Kupang, BAWASLU NTT, Tokoh Agama dan Tokoh Muda serta mendeklarasikan Pemilu Damai 2019,” ujarnya.

Kegiatan ini akan menghadirkan nara sumber KPU Kota Kupang, Kesbangpol NTT, Bawaslu Provinsi NTT, dan perwakilan orang muda. Dengan peserta berasal dari perwakilan OSIS/ Siswa SMA Kota Kupang, Pramuka tingkat SMA Kota Kupang, Perwakilan BEM Mahasiswa dan Pemuda Kota Kupang lintas agama.