Negara-Negara Kawasan Pasifik Selatan Apresiasi Kinerja Indonesia Dalam Bidang Hidrografi

Spread the love

Alofi, Niue, NTTOnlinenow.com – 17 Februari 2019, Indonesia mengirimkan delegasinya menghadiri konferensi regional pasifik selatan, 16th South West Pacific Hydrographic Commission Conference (SWPHC) 13-15 February 2019 di Scenic Matavai Resort, Niue.

Delegasi Indonesia dipimpin Wakapushidrosal Laksma TNI Dr. Ir. Trismadi mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H selaku Chief Hydrographer Indonesia, yang didampingi oleh Kadishidro Pushidrosal, Letkol Laut (P) Oke Dwiyana Pushidrosal.

Konferensi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas data sebagai bagian dari upaya mendukung tercapainya global charting yang merupakan mandate dari International Hydrographic Organization (IHO) selain juga sebagai upaya meningkatkan kemampuan tidak hanya kemampuan teknis hidrografi dan kartografi namun juga sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dan evaluasi kegiatan kantor hidrografi selama tahun sebelumnya, 2018.

Negara-negara peserta mengapresiasi keberhasilan dan kemajuan Indonesia dalam mengembangkan kapasitas kantor hidrografi seperti yang disampaikan dalam country report Indonesa, juga disampaikan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan yang terbesar, memiliki banyak pengalaman serta kemampuan yang dapat bermanfaat bagi negara kawasan pasifik selatan yang sebagian besar merupakan negara kepulauan.

Apresiasi itu diberikan kepada Indonesia dalam hal ini Pushidrosal terkait survei di Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur terpadat di dunia, Danau Toba (inland waterways), dan pembuatan peta navigasi perairan pedalaman (inland waterway charts) di Sungai Musi dan Sungai Kapuas.

Selain itu, dukungan hidrografi dalam kegiatan kemanusian dan penelitian geology pasca bencana tsunami di Palu-Donggala dan Selat Sunda, dan utamanya keberhasilan dalam menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air JT-610 di perairan Karawang.

Pushidrosal juga akan menawarkan program pelatihan yang merupakan bagian dari program Capacity building EAHC dalam bidang Marine Safety Information (MSI) yang direncanakan akan diselenggarakan oleh Pushidrosal kepada negara anggota SWPHC untuk dapat hadir sebagai peserta.

Selain itu, Pushidrosal juga menawarkan kepada negara anggota SWPHC untuk dapat mengirimkan personelnya sebagai siswa pada pendidikan kursus hidrografi Cat B dengan sertifikasi IHO yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pada kesempatan itu juga, Indonesia mengharapkan kehadiran negara sahabat di SWPHC region untuk dapat partisipasi pada kegiatan International Hydrographic Seminar – 2020 yang merupakan perayaan Indonesia Golden Jubilee 75 tahun.

Pertemuan selanjutnya untuk konferensi ke 17 SWPHC, sesuai permintaan Australia sebagai ketua dari SWPHC untuk dilaksanakan di Wollongong Australia Tahun 2020. Kadisinfolahta