AHP-Jonan akan Selesaikan Masalah PLTP Daratei

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Satu lagi langkah maju tahap penyelesaian masalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Daratei Mataloko, Ngada, NTT yang digagas calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Ngada dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Golewa Raya Marianus Kila. Marianus memastikan, masalah akan segera mendapatkan solusinya. Optimisme Marianus itu sejalan dengan rencana pertemuan anggota DPR-RI dari PDIP Andreas Hugo Parera (AHP) dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan.

“AHP sudah memastikan pertemuan dengan menteri ESDM akan digelar dalam waktu yang tidak lama lagi,” kata Marianus kepada wartawan di kampung Mana, Golewa, baru-baru ini.

Warga kampung Mana bergembira mendengarkan langsung kabar baik ini langsung dari AHP. Marianus menjadi calon anggota DPRD Kabupaten Ngada pertama yang mampu menghadirkan calon anggota DPR pusat ke kampung Mana untuk masa waktu yang sudah sangat lama.

Warga kampung Mana yang hadir pada kesempatan bertatap muka dengan AHP belum lama ini mengaku, sejak 1977 baru pada kesempatan ini ada seorang anggota DPR-RI yang kembali masuk dan menginjakan kakinya di kampung Mana. Lebih dari itu, AHP membuka pembicaraan dari hati ke hati dengan warga sambil bersama Marianus Kila memastikan solusi bagi masalah PLTP Daratei.

“Marianus ini baik. Dia mempertemukan kami dengan Andre Hugo yang selama ini hanya kami lihat di tivi. Apalagi sekarang kami senang karena masalah panas bumi ini akan ada jalan keluarnya,” ungkap seorang warga kampung Mana.

Kampung Mana adalah sebuah kampung yang terletak di dekat wilayah kerja PLTP Daratei. Mana bertetangga dengan beberapa kampung di kecamatan Golewa seperti Wogo Ratogesa.

Ketika dikonfirmasi, AHP memastikan bahwa, dirinya bersama dengan Marianus Kila akan bertemu dengan Ignasius Jonan untuk segera menyelesaikan masalah PLPT Daratei Mataloko. “Kita akan minta audit kinerja operasional dan laporan keuangan dari proyek PLTP Daratei Mataloko,” jelas AHP.

AHP menyatakan, PLTP Daratei bisa dikatakan sebagai proyek mangkrak. Dengan demikian, menagih pertanggungjawaban akan menjadi solusi yang baik untuk menyelesaikan masalah dan pemenuhan hak-hak warga sekitar yang selama ini telah dirugikan.

Ke depan, Marianus dan AHP sepakat, akan terus bersinergi hingga mendapatkan solusi terbaik bagi masalah PLTP Daratei. AHP dan Marianus juga berjanji, akan terus meminta pemerintah menaikkan rasio elektrifikasi di Ngada pada umumnya dan Golewa pada khususnya setelah memperhatikan banyaknya kegiatan ekonomi yang bisa digerakan bila pasokan listrik memadai ke daerah tersebut.