Sawah Terendam Banjir, Petani di Perbatasan Belu Gagal Tanam

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kurang lebih 40 hektare lahan sawah siap tanam milik warga di Desa Bauho, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu tertimbun batu, pasir dan lumpur akibat diterjang banjir sungai Baukama kemarin.

Kepala Desa Bauho, Edmundua Manek mengatakan, lahan sawah milik warga yang berada di sekitaran bantaran sungai terendam akibat banjir luapan sungai Baukama.

“Lahan siap tanam, tapi akibat banjir sawahnya tidak bisa ditanami lagi anakan padi karena terendam material batu, pasir dan lumpur,” ujar dia.

Akibat kondisi puluhan hektare sawah warga petani sawah gagal tanam. Warga tidak bisa memanfaatkan lagi lahan sawahnya.

Terkait bencana itu, pihaknya telah menyampaikan laporan ke Pemerintah Daerah setempat dalam hal ini Dinas teknis. Dalam kunjungan Sekda Belu kemarin telah disampaikan juga laporan, namun sampai hari ini belum ada realisasi.

Lanjut Manek, untuk warga korban bencana baru mendapatkan bantuan berupa beras. Kita ingin perhatian serius Pemerintah yakni tindakan jangka panjang, karena di tikungan kali, itu sungai sudah dangkal sekali sama rata dengan darat.

“Sungainya sudah dangkal harus di keruk biar dalam. Saya sudah usul berulang kali lewat musrembangdes, tapi sampai sekarang tidak ada realisasi. Ituh harus di keruk, karena sungai sudah sama rata dengan darat, jadi kalau hujan airnya meluap,” ujar dia.