Awal Februari, Bawaslu NTT Rekrut 14.978 Pengawas TPS

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan merekrut 14.978 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Perekrutan ini akan berlangsung pada awal Februari mendatang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (30/1/2019).

Jemris menjelaskan, menurut Pasal 90 ayat (2) UU 7/2017, Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 (dua puluh tiga) hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah hari pemungutan suara.

“Sesuai petunjuk teknis pembentukan Pengawas TPS (PTPS), proses seleksi pengumuman pendaftaran berlangsung selama tujuh hari, mulai tanggal 4 hingga 10 Februari 2019,” ungkap Jemris.

Jemris menyebutkan, untuk pendaftaran, penerimaan, penelitian berkas administrasi, tes tertulis serta wawancara, akan berlangsung selama sembilan hari. Mulai dari tanggal 11 hingga 21 Februari.

“Nanti masa pendaftaran juga ada perpanjangan waktu selama tiga hari, pada 22 hingga 24 Februari,” sebut Jemris.

Begitupun juga dengan waktu pendaftaran ada perpanjangan selama tiga hari untuk penerimaan, penelitian berkas, dan tes tertulis serta wawancara, pada 25 hingga 27 Februari.

“Kemudian pengumuman calon Pengawas TPS oleh kelompok kerja dan tanggapan, masukan dari masyarakat pada 27 Februari hingga 1 Maret,” katanya.

Dia menambahkan, klarifikasi atas tanggapan masyarakat dan pleno penetapan Panwas Kecamatan tentang Pengawas TPS terpilih pada 4 hingga 6 Maret.

“Pengumuman Pengawas TPS terpilih akan dilaksanakan pada 8 hingga 12 Maret,” tandas Jemris.