Ini Alasan Disdukcapil Belu Belum Bisa Cetak Kartu Identitas Anak

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste belum bisa melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Alasan belum bisa dilaksanakan cetak KIA progam administrasi kependudukan yang menyasar anak di bawah usia 17 tahun itu dikarenakan akte kelahiran pada Dinas belum mencapai 85 persen.

Demikian Kepala Disdukcapil Belu, Wilibrodus Leto kepada NTTOnlinenow.com, Senin (28/1/2019).

Dikatakan, sesuai aturan pencetakan KIA dilaksanakan apabila akta lahirnya telah mencapai 85 persen. Sementara di daerah NTT baru Kabupaten Alor yang mencetak KIA yang Kabupaten lainnya belum.

“Baru Alor yang cetak. Karena dasar membuat KIA itu akta kahir dan kita Belu baru 77 persen,” urai Leto.

Saat ini jelas dia, pihak Dinas bekerjasama dengan ChilFund guna mencapai target namun belum bisa dipastikan pencetakan KIA dalam tahun ini. Dalam MoU dengan ChilFund mereka target 2.000 akta lahir.

“Kita menunggu saja apabila sudah 85 persen pasti akan terbitkan KIA,” ujar dia.

Kaitan blanko E-KTP sebelumnya kosong, tapi saat ini sudah kembali normal dan pencetakan berjalan aman. Kita sudah komunikasi dengan pihak Pusat dan kemarin buat permohonan permintaan blanko sebanyak 12.000.

“Tapi usulan kita hanya dikasih 3.000 blanko. Kita pinjam di Malaka 2.000 kemarin dan kita kembalikan ke Malaka 2.000 Belu 1.000. Antisipasi tiga bulan kedepan stock blanko masih tersedid untuk cetak KTP usia 17 per April mendatang,” terang Leto.

Lanjut dia, pihaknya mengutamakan usia pemula yang sedang rekam di beberapa sekolah dalam Kota Atambua seperti SMA Suria, SMA Kristen, SMA Binkar sudah selesai kita data. Sementara untuk SMA luar kota dalam waktu dekat kita data dan rekam.

“Yang usia 16 kami rekam apabila pas bulan Arpil usia 17 tahun kita cetak. Kemarin kita sudah rekam dan cetak KTP di SMA Negeri 1 Atambua sebanyak 161 orang,” akhir Leto.