Berbagai Lomba Meriahkan Peringatan HUT ke-41 Yonif Raider Khusus 744/SYB

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti (SYB) ke-41 yang jatuh pada tanggal 24 Januari 2019 lalu dimeriahkan dengan berbagai perlombaan.

Semarak aneka lomba warnai HUT Yonif yang dijuluki Samodok itu berlangsung di Markas Komando Yonif RK 744/SYB Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Minggu (27/1/2019).

Adapun kegiatan warnai peringatan ulang tahun itu meliputi, even trail adventure yang diikuti sekitar 150 orang peserta yang terdiri dari masyarakat pecinta trail, komunitas trail dari Belu, Malaka, TTU, Kupang serta Anggota TNI-Polri yang bertugas di perbatasan RI-RDTL.

Trail adventure Samodok itu diikuti juga Perwira TNI-Polri seperti Dirlantas Polda NTT, Dansub POM Atambua, Kasat Lantas Polres Belu, Perwira Yonif 744 serta para peserta dari komunitas trail Lospalos Motor Club asal Negara tetangga Timor Leste.

Selain itu lomba kicau burung yang diikuti sekitar 150 peserta bertempat di lapangan dan lomba mancing mania diikuti 234 peserta baik perorangan maunpun tim di Danau Tobir Yonif RK 744/SYB.

Trail adventure Samodok dilepas oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay didampingi Dandim 1605/Belu, Letkol CZI I Putu Gusti Dwika, Danyon RK 744/SYB, Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamal dengan rute star dari Mako menuju Fulan Fehan lanjut Asulait ke Wehor, Rotiklot dan finish di Mako. Lanjut pembukaan secara simbolis perlombaan kicau burung dengan menggantung sangkar burung dan mancing mania di Danau dengan cara menuangkan ikan ke Danau.

Menurut Danyon Letkol Inf. Teuku Musthafa Kamal, rangkaian kegiatan hari ini kita lakukan dalam rangka HUT Batalyon ke-41. Jadi kita kegiatan-kegiatan yang sifatnya ini antara gabungan masyarakat dengan TNI dengan tujuan kita melibatkan juga masyarakat tidak saja TNI. “Jadi, kita buat ada lomba tiga even yang pertama adalah trabas motor trail, kedua adalah memancing dan lomba kicau burung,” ujar dia disela-sela giat.

Jadi lanjut Teuku, semua masyarakat khususnya yang di Belu, ada juga dari Kupang yang berpartisipasi. Khusus di trabas motor cross ada yang dari Timor Leste ikut berperan berpartisipasi memeriahkan HUT Batalyon.
“Ini baru even awal, kedepan kita bisa buat lebih besar sehingga kegiatan seperti ini jadi sarana bagi pecinta sesuai dengan hobinya masing-masing,” kata dia.

Selain itu ikut dalam trabas Dirlantas Polda NTT, jadi kedepan harapan Dirlantas khusus trabas ini even pertama dan akan buat even lebih besar kedepan. Untuk medannya nanti akan dicarikan apakah rute yang sama atau rute baru. “Tadi kata Dirlantas ini awal yang baik dan animo masyarakat sangat besar, ini kita jadikan kegiatan-kegiatan besar sehingga bisa menjadi sarana bagi pecinta trabas ini untuk salurkan hobinya,” ucap Mustafa.

Untuk lomba kicau burung dan mancing para peserta meminta, kalau bisa dilakukan setiap minggunya. Kemudian ada yang setiap bulan, cuman kita juga harus persiapan semuanya agar lebih baik sistemnya, aturannya seperti apa dan kita terima aspirasi sesuaikan dengan giat lain sehingga tidak menggangu kegiatan program lainnya.

Khusus kegiatan kedepan Batalyon Raider Khusus jelas Mustafa, kita mempunyai program khusus sesuai dengan program kerja dari Komando atas kita tetap melaksanakan program latihan. Baik itu kedalam rangka pembinaan, kemudian pemelihraan dan juga sarana untuk menguji kemampuan prajurit yang selama ini sudah dilatih.

“Program latihan berjalan, tapi program dengan masyarakat pada waktu hari-hari libur kita gunakan dengan kegiatan-kegiatan bersama masyarakat,” ungkap dia.

Lanjut Teuku, jumlah peserta mancing target kita 150 dan yang hadir mencapai 300 sesuai yang mendaftar. Kemudian untik trabas target 100 tapi ikut 250 mungkin lebih dan lomba kicau burung sekitar 150 karena banyak dari Kupang.

Untuk diketahui, setiap kegiatan lomba ada hadianya buat peserta dan hadiah utamanya masing-masing ada pada panitia lomba. Selain itu juga ada doorprize berupa hadiah satu unit motor, sepeda dan berbagai jenis hadiah lainnya yang nanti diundi dan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-41 Yonif Raider Khusus 744/SYB diakhiri dengan panggung prajurit.