Warga Kobalima Timur Serahkan Senpi dan Amunisi Aktif kepada Satgas Yonif M 741/GN

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Betun, NTTOnlinenow.com – Warga Dusun Metamauk, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka menyerahkan satu pucuk senjata api dan amunisi aktif epada Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara.

Satu pucuk senpi jenis Springfield dan amunisi karet kaliber 5,56 mm 12 butir, amunisi tajam kaliber 5,56 mm 21 butir, kaliber 7,62 mm 58 butir dan amunisi shotgun 1 butir diserahkan warga kepada personel yang bertugas di Pos Satgas Kipur III Motamasin perbatasan dengan Suai-Timor Leste.

Dansatgas Yonif M 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra kepada NTTOnlinenow.com, Minggu (20/1/2019) mengatakan, satu pucuk senjata api jenis springfield dan sejumlah amunisi aktif diserahkan langsung oleh warga Desa setempat kepada Danki Motamasin Kapten Inf Sulaiman Siregar secara sukarela.

Jelas Hendra, keberhasilan personel yang memperoleh senpi dan amunisi tidak terlepas dari kegiatan pembinaan teritorial (Binter) dan komunikasi sosial (komsos) yang selalu dilaksanakan personel Satgas Yonif M 741/GN di daerah penugasan di wilayah perbatasan Kobalima Timur dan Timor Leste.

Penyerahan satu pucuk senpi dan sejumlah amunisi aktif oleh warga yang tidak mau disebutkan namanya itu diberikan ketika personel melakukan anjangsana pada Sabtu (19/1/2019) kemarin setelah sehari sebelumnya Satgas memberikan pengobatan massal gratis di wilayah perbatasan itu.

“Kita lakukan pendekatan secara kekeluargaan melalui giat sosial. Warga tersentuh dengan kebaikan personel yang selalu berikan pengobatan kesehatan dari kampung ke kampung. Jadi warga sadar serahkan senpi dan amunisi aktif prajurit,” urai Hendra.

Lanjut dia, tindakan yang dilakukan warga menyerahkan senpi dan amunisi itu merupakan tindakan yang patut dicontoh dan diteladani oleh warga lainnya. Menyimpan benda itu, senpi, bahan peledak dan amunisi dilarang karena itu melanggar aturan.

“Masyarakat yang mulai sadar akan hukum dan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah dan sebuah prestasi yang telah dilakukan personel Pos Motamasin. Tetap jaga moril semangat dan tunjukkan dedikasi terbaikmu di wilayah perbatasan,” pungkas Hendra.