Pimpin Apel Awal Tahun 2019, Wabup Ose Soroti 200 Guru Tenaga Kontrak

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan memimpin apel gabungan pertama di awal tahun 2019 yang berlangsung di lapangan Kantor Bupati Belu, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (7/1/2019).

Dalam apel kerja awal tahun 2019 Wabup Ose mengungkapkan agar Surat Keputusan terhadap para tenaga kontrak (teko) daerah Kabupaten Belu harus segera diterbitkan paling lambat bulan Januari tahun 2019.

Jelas Ose, hal tersebut penting guna meminimalisir terjadinya titipan dari oknum atau kepentingan tertentu dalam perubahan tenaga kerja kontrak daerah di dalam Pemerintahan Kabupaten Belu.

“Jelasnya tahun ini teko baru tidak akan ada. Tambahan teko baru itu hanya ada pada Dinas Pendidikan sebanyak 200 orang”, urai dia.

Meski demikian, menurut Mantan Sekda Belu itu jika dikaji dari aturan yang ada, penambahan tenaga kontrak daerah itu sebenarnya sudah berlawanan. Namun ini sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk tenaga Guru karena memang Kabupaten Belu kekurangan Guru.

“Dalam formasi Guru CPNS sendiri, Kabupaten Belu hanya memiliki 81 orang dalam formasi itu,” ujar Ose.

Dituturkan bahwa, penambahan tenaga kontrak daerah Kabupaten Belu menyangkut kebutuhan sehingga yang terbesar ada pada tenaga Guru sedangkan formasi umum tidak akan ada penambahan kecuali tenaga kesehatan yang dengan kebijakan – kebijakan tertentu. Namun itu juga akan ada penambahan dalam jumlah yang sedikit sekali.

Kesempatan itu, jelas Wabup Ose dirinya telah mengingatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk berhati-hati, karena dalam penambahan tenaga kontrak daerah adanya titipan kepentingan.

“Saya sudah panggil untuk ingatkan agar berhati-hati soal penambahan teko. Sebab itu ada nebengan kepentingan dan memang saya tahu banyak orang yang sudah menitipkan kepentingannya,” kata Ose.