Pembangunan 25 Unit Rumah Bantuan Kemendes di Belu Rampung

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pembangunan 25 unit rumah bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI untuk warga di Dusun Piebulak, Desa Lo’oluna, Kecamatan Lamaknen Selatan telah rampung.

Demikian Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Belu, Laurentius Kiik Nahak ketika dihubungi media, Kamis (20/12/2018).

Menurut Nahak, progres pembangunan 25 unit rumah bagi warga di Desa Lo’oluna sudah 100 persen dan PHO sudah dilakukan pada tanggal 8 Desember kemarin.

“Setelah PHO langkah berikut penempatan rumah. Namun kita masih tunggu keputusan dari Kemendes, nanti dalam bentuk SK kemudian akan disampaikan ke Pemda untuk dilaksanakan penempatan,” jelas Nahak.

Dijelaskan, tahun depan ada penambahan bantuan berupa unit rumah yang akan dibangun di lokasi serupa Desa Lo’oluna. Adapun di tahun depan kita mempunyai kegiatan di Sanabibi yakni avirmasi di bidang transportasi yakni 1, 7 kilo meter lapen.

Selain rumah, kelanjutan untuk 25 kepala keluarga penerima bantuan rumah mendapat perbekalan jatah hidup bervariasi guna mendukung serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

“Perbekalan berupa sandang, alat dapur, alat tidur, alat pertanian, pertukangan dan alat penerangan. Selain itu
perbekalan seperti gula, beras, garam, kacang hijau, sabun, minyak goreng ikan dan lain-lainnya,” papar Nahak.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan 25 unit bantuan rumah bagi warga di Desa Lo’oluna wilayah Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste menelan anggaran senilai Rp.3,7 miliar dari Kementerian PDT.

Pembangunan kawasan transmigrasi satu paket program Kementerian PDT mulai dikerjakan sejak tanggal 16 September lalu oleh PT Kreatif Timor Mandiri Atambua.