BUMDes Jenilu di Kabupaten Belu Produksi Naget Ikan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dualilu, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu sukses memproduksi naget ikan jenis makanan dari bahan ikan tuna.

Selain naget ikan, BUMDes Dualilu yang terletak di pesisir daerah Pantai Utara Atapupu wilayah Timor Barat perbatasan RI-Timor Leste ini juga memiliki beberapa jenis makanan hasil usaha.

Adapun jenis usaha lain sesuai potensi unggulan di daerah Pantai itu antara lain, lantaranya, ikan panggang, perkedel ikan, keripik pisang, tenda jadi, lempara dan rumpon.

Disela-sela acara peresmian jalan Sirip dan Sarana Air bersih oleh Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kementerian PDT di Tasbar, Selasa (18/12/2018) BUMDes Dualilu satu dari beberapa BUMDes di Belu mendapat bantuan modal senilai Rp 500.000 dari BNI Atambua.

Sekreatis BUMDes Dualili Amina Djawas mengatakan, Bumdes Dualilu berdiri tanggal 11 Oktober 2016 dengan modal awal untuk belanja modal sebesar Rp 80 juta yang mana modalnya berasal dari Dana Desa Jenilu.

Pantauan media, terdapat pula beberapa stand milik BUMDes dari beberapa Desa di wilayah Belu yang menayangkan hasil produksi sesuai potensi unggulan yang ada di daerahnya.

Seperti BUMDes Lakmaras memiliki hasil produk kopi Lamaknen jenis arabica, demikian juga hasil usaha BUMDes Duarato yakni kopi yang menjadi produk unggulan di daerah pegunungan di wilayah utara Belu.

Selain itu pula BUMDes Tulakadi dengan berbagai jenis hasil usaha antara lain, keripik pisang, dodol dari buah mangga, kerajinan tangan (koba) tempat sirih pinang serta BUMDes Tohe dengan usaha cabe kering serta jenis usaha lainnya.