Satgas Yonif R 408/SBH Perkenalkan Alutsista Kepada Siswa TK di Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kurang lebih lima puluh anak siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Raudatul Athfal, Kabupaten Belu mengunjungi Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/SBH di Umanen, Kecamatan Atambua Barat wilayah Timor Barat, Sabtu (15/12/2018).

Dalam kunjungan itu Prajurit Satgas Yonif R 408/SBH memperkenalkan alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI kepada para siswa TK seperti pistol dan senjata api laras panjang.

Selain itu diperkenalkan juga perlengkapan Prajurit TNI seperti helm, senter, rompi, jenis pakaian loreng, pakaian pasukan gultor, ransum TNI dan terakhir drumband Canka Suhbrastha Yonif R 408/SBH.

Selesai memperkenalkan alutsista TNI serta perlengkapan personil, para siswa TK Raudatul Athfal juga menonton film profil Yonif Raider 408/SBH di aula Satgas.

Dansatgas Mayor Inf Joni Eko Prasetyo disela-sela acara mengatakan, kegiatan hari ini
merupakan outbond yang digelar Satgas Yonif R 408/SBH dalam meningkatkan pengetahuan serta karakter anak-anak TK.

Jelas dia, dalam kegiatan outbond ini kita perkenalkan jenis senjata TNI, perlengkapan Prajurit seperti pakaian loreng TNI, rompi, helm, ransum TNI serta kelengkapan lainnya seperti drumband kepada para siswa TK.

“Tujuan kami melakukan kegiatan ini ingin mengenalkan Satgas khususnya TNI terkait alutsista kepada masyarakat,” terang Eko.

Selain itu, kegiatan outbond bersama para Siswa TK ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, dimana mengamankan profesi TNI kepada masyarakat perbatasan Belu.

“Terima kasih atas kunjungan siswa-siswa TK bersama wali Guru dan orang tua ke Mako Satgas,” ucap dia.

Diharapkan, kedepan anak-anak generasi penerus bangsa dimana penanaman karakter sangat penting sebagai fondasi dasar sebelum menuju jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Selain memperkenalkan alutsista dan kelengkapan lain prajurit TNI, kita juga menonton bersama film profil Yonif Raider 408/SBH,” terang Eko.

Lanjut Eko, selain melaksanakan tugas pokok menjaga wilayah kedaulatan NKRI di perbatasan Belu dan Timor Leste hingga bulan Agustus 2019, kami juga akan
melaksanakan giat teritorial yang terbagi menjadi beberapa bagian salah satunya kepada komponen atau generasi muda.

“Kedepan giat outbond akan terus kita lakukan kepada para pelajar. Selain itu akan lakukan pelatihan drumband ke sekolah-sekolah, pembinaan, PBB serta lainnya guna mendukung karakter anak dalam dunia pendidikan,” kata dia.

Kepala TK Raudatul Athfal, Nurhayati menuturkan, giat hari ini mengunjungi Mako Satgas di Umanen. Para prajurit memberikan pembelajaran kepada anak-anak TK terkait TNI serta seluruh perlengkapan Prajurit.

“Giat ini sangat positif dalam kembangkan karakter anak-anak untuk mengenal serta mengetahui lebih dekat TNI serta kelengkapan prajurit,” ucap dia.

Dia berharap, Prajurit Satgas Yonif Raider 408/SBH melaksanakan tugas pokok dengan baik selama sembilan bulan kedepan sehingga tetap aman dan kondusif.