Satgas Yonif M 741/GN Gagalkan Upaya Penyelundupan Mobil ke Timor Leste

Spread the love

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara di Pos Lintas Batas Wini, Kabupaten TTU berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satu unit kendaraan ke Distric Oecusse, Timor Leste.

Demikian dibenarkan Dansatgas Yonif M 741/GN, Mayor Inf. Hendra Saputra didampingi Pasi Intel Satgas Lettu CZI Sunaryo kepada media di Atambua, Rabu (5/12/2018).

Menurut Hendra, kendaraan jenis Toyota Avanza warna putih dengan nomor polisi DH 1177 EC digagalkan oleh Anggota Satgas Kipur I Pos Wini yang sedang bertugas di PLBN Wini pada hari Selasa siang kemarin.

Dituturkan bahwa, penggagalan kendaraan bermula dari kecurigaan Anggota yang bertugas di pos lintas batas. Anggota melihat mobil itu telah melintas masuk ke PLBN tapi tidak berhenti.

“Anggota kita hentikan kendaraan itu dan sesuai prosedur kita periksa ada kejanggalan bukti surat tidak sesuai fisik. Kemudian kita koordinasikan dengan pihak Dansubpom,” ujar Hendra.

Hendra berharap kepada seluruh masyarakat di wilayah perbatasan Sektor Barat agar mentaati aturan yang berlaku. Pasalnya kegiatan illegal sangat merugikan bangsa juga merugikan kita semua.

“Alangkah baiknya lakukan sesuai prosedur yang ada,” ujar dia.

Lanjut Hendra, kasus ini baru pertama kali sejak satuannya bertugas kurang lebih tiga minggu sebagai Satgas Pamtas. Selain itu pihaknya juga berhasil mendapat dua pucuk senpi jenis springfield, amunisi sebanyak 22 butir.

Selanjutnya barang bukti satu unit mobil avanza beserta pengemudi langsung diamankan pihak Satgas ke Kantor Mako Subdenpom IX/1-3 Atambua guna dimintai keterangan lebih lanjut terkait dugaan adanya keterlibatan oknum lain.

Berdasarkan hasil keterangan, identitas pengemudi kendaraan sesuai KTP atas nama DET warga Kota Atambua. Selain itu
dokumen lain seperti paspor pengemudi, SIM A milik pengemudi serta foto copy STNK yang diketahui tidak sesuai fisik kendaraan yakni nomor rangka mobil berbeda.

Sementara itu DET pengemudi kendaraan kepada media mengaku dirinya baru pertama kali melakukan hal tersebut. Dirinya hanya ditugaskan oleh seseorang hanya sebatas menyeberangkan mobil melewati pintu batas, setelah disebelah wilayah Oecusse akan ada petunjuk lanjutan.

Untuk diketahui penyelundupan mobil Avanza itu berhasil di gagalkan Anggota Satgas Pom Serka Hendra Agus Wahono, Praka Munawar Asanudin, Kopda Maskur serta Prada Muhamad Bagus Prakoso.