Disprindag Kota Mulai Gelar Operasi Stok Sembako

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Kupang mulai mengelar operasi stok Sembako sejak hari ini, Jumat. Operasi ini akan digelar selama empat hari, mulai 30 sampai 3 Desember mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Disprindag Kota Kupang, Jery Padji Kana kepada wartawan di gedung DPRD Kota, Jumat (30/11/2018).

Dia mengatakan, operasi ini bertujuan menjaga kestabilan harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang hari raya natal dan tahun baru.

“Sesuai jadwal mulai hari ini kami mengelar operasi stok harga sembilan bahan pokok. Rencana operasi ini kami lakukan hingga tanggal 3 Desember 2018 nanti,” katanya.

Menurut Dia, Operasi ini akan digelar di empat titik, dengan tujuan mengetahui ketersediaan harga Sembako di pasar.

“Ini sudah memasuki bulan Desember, sering terjadi permainan harga, sehingga kita perlu melakukan pengawasan melalui operasi stok harga sembako yang akan dibutuhkan masyarakat hingga memasuki hari raya Natal,” jelasnya.

Dia memastikan, dari hasil pantauan pihaknya, untuk saat ini, stok sembako masih aman, hingga hari raya natal.

Selain operasi, kata dia, Disprindag juga sekaligus melakukan pengawasan barang kadaluarsa dan barang yang dalam keadaan terbungkus.

Pelaksanaan operasi ini, dilaksanakan tim perpadu terdiri dari Balai POM, Pol PP, bagian ekonomi dan Desprindag.

Anggota DPRD Kota Kupang, Jabir Marola mengatakan, pelaksaan gelar operasi itu bersifat wajib, untuk memastikan harga dan ketersediaan stok barang di pasar.

“Operasi dan pengawasan ini wajib dilaksanakan, untuk mengetahui ketersediaan stock dan harga sembako di tingkat distributor, pedagang dan pengecer,” ujarnya.

Anggota DPRD lainnya, Robby Kan mengatakan, jelang hari raya seperti ini, pasti ada permainan harga di tingkat pedagang. Ini jelas merugikan masyarakat.

“Untuk itu, Desprindag harus benar-benar memastikan semuanya aman terkendali,” sebutnya.