Jelang Natal dan Tahun Baru Disperindag Segera Lakukan Operasi Pasar

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kupang akan segera malakukan operasi pasar untuk menjamin barang-barang yang beredar di masyarakat merupakan barang-barang yang layak dikonsmumsi, atau tidak melewati batas masa konsumsi atau kadarluwarsa.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindag Kota Kupang, Yeri Padji Kana di ruang kerjanya, Jumat (23/11/2018).

Dia menjelaskan, Disperindag akan segera lakukan pemeriksaan di semua pasar dan ,toko-toko khususnya pada Barang Dalam keadaan Terbungkus (BDKT) dan sembako lainnya yang perlu diawasi agar ketika masyarakat dapat mengkonsumsi barang yang aman dan tidak membahayakan.

“Tujuan oprasi pasar ini adalah untuk mencegah agar barang-barang yang kadaluwarsa atau sudah melewati masa konsumsi tidak lagi dijual dan beredar di masyarakat, karena akan membahayakan konsumen,“ kata Yeri.

Yeri mengaku, operasi ini akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), agar langsung bisa melakukan pemeriksaan, dan jika kedapatan ada yang telah melewati batas konsumsi, maka akan langsung disita dan dismusnakan.

“Kami akan bekerja sama dengan BPOM, agar ketika ada produk yang sudah kadarluwarsa bisa langsung diamankan dan dimusnahkan. Kami akan melakukan operasi di pasar-pasar, toko dan distributor barang atau makanan,” terangnya.

Dikatakan, mendekati masa hari raya Natal, Disperindag juga akan terus lakukan pengawasan terhadap sembilan bahan pokok makanan, seperti telur, daging sayur dan lainnya, agar tidak terjadi kenaikan harga yang significan dan merugikan masyarakat terutama bagi umat yang merayakan natal.

selain itu, Disperindag juga akan berkoordinasi dan melaporkan rencana ini ke Wali Kota Kupang agar bisa turun bersama ke lokasi-lokasi pasar yang menjadi target atau sasaran operasi.

Selain menjaga harga sembilan bahan pokok, Disperindag juga akan menjamin dan memastikan bahwa semua bahan makanan ini tersedia dan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kami juga terus mengawasi agar bahan makanan tidak terjadi penimbunan atau sengaja disimpan oknum tertentu, kami memastikan agar kebutuhan masyarakat terpenuhi, terutama di masa perayaan Natal dan tahun baru,” terangnya.

Rencana operasi ini, kata Yeri, akan dilakukan pada awal Desember, sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah Kota Kupang untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar bisa merayakan hari raya Natal dengan nyaman.

“Kegiatan operasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Disperindag setiap bulan, terutama saat hari raya besar seperti lebaran, natal dan hari besar lainnya,” ujarnya.