Demokrat Beri Catatan Khusus Terhadap Agenda Pembangunan Pariwisata NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Fraksi partai Demokrat DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan catatan khusus terhadap agenda pembangunan parawisata sebagai penggerak utama (prime mover) ekonomi NTT dan dengan letak geografisnya yang strategis memungkinkan NTT menjadi salah satu gerbang dan pusat pengembangan pariwisata nasional.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT, Winston Neil Rondo sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Senin (19/11/2018). Menurut Winston, hal dimaksud telah disampaikan pada sidang paripurna Pendapat Akhir Fraksi-fraksi atas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi NTT Tahun Anggaran 2019, Senin (19/11/2018).

Winston menegaskan, implementasi konsep pariwisata tidak akan berjalan atau berdampak inklusif dan mampu menggerakan sektor ekonomi apabila pada tatanan pemasaran, penjualan paket wisata dan aktivitas promosi tidak terintegrasi dengan kesiapan destinasi dan masyarakatnya serta semangat kerja kolaborasi lintas OPD secara terintegrasi.

“Sedangkan terkait dengan sumber daya manusia parawisata, Fraksi Partai Demokrat berpendapat bahwa Pemerintah Provinsi harus benar-benar menempatkan orang yang tepat pada bidangnya masing-masing didinas Pariwisata, serta keterlibatan serta kolaborasi mitra/stakeholders yang berpengalaman dan berkompetensi pada bidang pemasaran, pengembangan SDM, bidang Industri dan bidang destinasi,” katanya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang ini menyatakan, hal itu dimaksudkan agar pada tingkat teknis perencanaan dan pelaksanannya benar-benar akan memberikan dampak sesuai dengan yang diharapkan.

“Karena harus kita akui juga bahwa pariwisata NTT dikenal dan berkembang pesat tiga tahun belakangan ini didukung oleh peran pemerintah pusat dan dunia digital oleh para wisatwan yang berkunjung ke NTT selain kerja dinas teknis tentunya,” ujarnya.

Winston menambahkan, untuk menjawabi persaingan dan tantangan global, maka Pemerintah Provinsi NTT harus bergerak cepat dan berlari mengejar ketertinggalan yang ada serta jeli dalam melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur dan amenitas pendukung pariwisata.