Gubernur NTT Bangun Sinergi Dengan Kabupaten Kupang

Bagikan Artikel ini

Oelamasi, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka membangun koordinasi dan komunikasi bersama membangun NTT, Gubernur NTT Viktor Laiskodat melakukan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Kupang, Selasa (13/11/2018). Kedatangan orang nomor satu di Provinsi NTT tersebut disambut oleh Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede, Wabup terpilih Kabupaten Kupang Jerry Manafe, Pj. Sekda Joni Nomseo, Forkompinda Kabupaten Kupang dan segenap Pimpinana OPD dan staf lingkup Pemkab Kupang.

Dalam sambutannya Gubernur Viktor Laiskodat menyatakan kekagumannya akan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Kupang, yang menurutnya jika dikembangkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan Gubernur Viktor, Beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Kupang diantaranya Potensi lahan garam yang besar dan potensi pengembangan peternakan. Gubernur mengajak Bupati dan Wabup yang terpilih Berkolaborasi bersama masyarakat mendukung pengembangan industri garam di NTT yang punya kualitas sangat baik.

“Kita punya lahan dan cuaca panas yang mendukung untuk menghasilkan garam terbaik. Saya sepakat untuk kita berikan ijin bagi perusahaan yang mau kerja dan membangun NTT, terkhusus untuk penggembangan garam sehingga memenuhi kebutuhan garam nasional yang saat ini masih mengimpor dari negara lain. Selain Kabupaten Kupang beberapa daerah di NTT yang punya potensi pengembangan produksi garam di antaranya Kabupaten Nagakeo, Malaka, Belu, dan sabu,”jelas Gubernur.

Untuk pengembangan peternakan, dirinya mengajak masyarakat untuk kembangkan ternak sapi secara baik dan menanam pakan ternak besar sehingga dalam memenuhi kebutuhan konsumsi dan tidak perlu membeli dari luar lagi. Target kita besar, jelasnya, ialah menjadikan NTT lumbung peternakan.

Gubernur Viktor sangat berharap Kabupaten Kupang menjadi daerah yang maju dan berjaya kedepan. Untuk itu Dirinya mengharapkan secepatnya Bupati dan Wabup terpilih Kabupaten Kupang dilantik dan berkerja serta menorehkan prestasi mengingat masa kepemimpinan merupakan waktu emas yang perlu dikerjakan dengan baik.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Kunker di Kabupaten Kupang

Menurutnya konsep dan pelaksanaan pembangunan harus benar-benar terarah dan terukur yang dituangkan dalam RPJMD. “Mari bermimpi besar dan miliki grand design arah langkah kita kedepan,” ajaknya.

Gubernur mengajak masyarakat keluar dari mindset yang menyatakan kita tidak punya apa-apa dan miskin harus dibuang jauh-jauh. Itu sindrom kemiskinan yang perlu dibuang. Ubah mind set untuk menjadi maju bukan dari apa yang dipegang saat ini melainkan dari apa yang kita ingin capai dan harapkan, jelasnya. NTT dan Kabupaten didalamnya memiliki kekayaan yang luar biasa dan dapat dikembangkan bagi kemajuan daerah ini.

Selain itu hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ungkap Politisi Nasdem tersebut ialah penataan dan Peningkatan sumber daya manusia Kabupaten Kupang yang berkualitas mengingat kekuatan sebuah daerah sangat ditunjang oleh SDM yang kompeten dan handal. Persoalan sdm masih merupakan pergumulan yang harus kita perhatikan dengan baik. Diharapkan dengan sdm yang handal kita dapat membangun daerah ini lebih baik kedepannya.

Kepada Plt. Bupati dan Opd Lingkup Pemkab Kupang, Viktor mengajak untuk dapat berkerja dengan baik dan sungguh-sungguh berkerja memberikan pelayanan terbaik untuk kemajuan daerah kita.

Plt. Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sekapur sirihnya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur NTT dan jajaran yang telah hadir dalam Kunker di Kabupaten Kupang. Dijelaskannya bahwa Kabupaten Kupang memiliki luas sepertiga provinsi Bali dengan jumlah penduduk lebih dari 400 ribu jiwa yang tersebar di 177 desa dan kelurahan.

Terkait dengan kegiatan pembangunan jelas Masneno didukung oleh jajaran Asn baik tenaga guru, kesehatan dan teknis yang berjumlah 6000an lebih orang. Sementara pembangunan di Kabupaten Kupang dijelaskan Plt. Bupati Korinus Masneno yang juga merupakan Bupati terpilih ialah memanfaatkan potensi yang ada. Untuk pemanfaatan lahan garam dirinya menegaskan menyerahkan perusahaan untuk berkerja bersama masyarakat dan menunjukan niatnya untuk berinvestasi di Kabupaten Kupang dan mendukung kemajuan daerah ini.