Danrem 163 Wira Satya : Program TMMD Mengandung Aspek Kesejahteraan

Bagikan Artikel ini

Karangasem-Bali, NTTOnlinenow.com – Pelaksanaan Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa atau TMMD yang selama ini telah berlangsung mengandung dua aspek terkait kesejahteraan dan keamanan.

Berkenaan aspek kesejahteraan, melalui program TMMD diwujudkan dengan pembangunan yang bermanfaat untuk kepentingan warga masyarakat.

Demikian penyampaian Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., saat dikonfirmasi media sesaat usai pelaksanaan upacara penutupan TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem di Dusun Guminten, Desa Sidemen, Karangasem, Selasa (13/11).

Danrem menunjukkan kepada pelaksanaan sasaran fisik TMMD di Dusun Guminten yang merupakan program kerjasama antara Pemkab dan Kodim Karangasem yang diwujudkan dengan pembangunan infrastruktur jalan bagi kepentingan warga setempat.

Menurut Danrem, jalan yang dibangun sepanjang 3000 meter dengan lebar 7 meter dibangun untuk memudahkan akses kegiatan masyarakat termasuk memperlancar roda perekonomian masyarakat. Inilah yang dimaksudkan Danrem bahwa pelaksanaan TMMD mengandung aspek kesejahteraan.

Danrem juga menjelaskan apa yang dilaksanakan dalam TMMD kali ini sangat terkait dengan tema yang diusung yaitu, “TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Sejahtera, Maju dan Demokratis. Kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan rohnya kegiatan TMMD tersebut.

Kita bersatu dengan rakyat dimana selama pelaksanaan TMMD, Para Prajurit TNI tinggal di rumah-rumah warga, uang lauk pauk (ULP) mereka dimasak bersama warga, sehingga interaksi dan kebersamaan dengan warga terjalin selama kegiatan TMMD. Namun hal ini tidak berhenti sampai disini, silahturahmi harus terus terjaga.

Danrem juga membandingkan dengan pelaksanaan TMMD di waktu lampau beberapa tahun lalu. Kita Para Prajurit TNI di lokasi TMMD mendirikan tenda dan masak sendiri. Saat sekarang untuk lebih merekatkan wujud kebersamaan dan kemanunggalan bersama masyarakat maka prajurit tidur di rumah-rumah warga dan memasak dan makan kita lakukan bersama warga.

Danrem berharap bahwa hasil-hasil TMMD Ke 103 yang sudah diserahkan kepada Pemkab Karangasem agar dapat dimanfaatkan warga dengan sebaik-baiknya.

“Pembangunan jalan ini baru tahapan awal, kedepan tentunya akan ada tahapan lanjutan dari Pemkab Karangasem untuk meningkatkan kualitas jalan ini”, ungkap Danrem.

Sementara itu Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., mengapresiasi pelaksanaan TMMD Ke 103 di Dusun Guminten tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danrem dan Bapak Dandim dalam.pelaksanaan TMMD kali ini berjalan baik”, ungkapnya.

Ke depan tentunya masih banyak program seperti ini yang akan kita lakukan bersama TNI untuk membangun Kabupaten Karangasem.

Kita akan programkan untuk TMMD selanjutnya dan kita mengetahui TNI dalam hal ini Kodim 1623/Karangasem selalu siap untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Karangasem.