50 Pemuda Asal Belu Ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Belu memberangkatkan 50 orang pemuda untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di Kupang.

Demikian Kepala Dinas Nakertrans, Laurentinus Kiik Nahak kepada NTTOnlinenow.com usai pelepasan 50 pemuda di Kantor Nakertrans Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Kamis (8/1/2018).

Menurut Nahak, kelima puluh orang pemuda terdiri dari 40 perempuan dan 10 laki-laki akan ikuti pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kupang selama satu bulan.

“Dari 50 orang latar belakang pendidikan SMA paling dominan dan kurang terampil. Pelatihan terhitung tanggal 9 November besok sampai dengan 9 Desember mendatang,” sebut dia.

Jelas Nahak, ada lima jenis pelatihan berbasis kompetensi antara lain, asisten rumah tangga, baby sister, menjahit, salon serta pertukangan. “Untuk sementara lima kegiatan itu dengan jumlah masing- masing kegiatan 10 orang,” ujar dia.

Masih menurut Nahak, pelatihan ini juga sebagai bentuk menjalankan visi- misi Bupati Belu peningkatan sumber daya manusia. “Tahun depan BLK kita sudah ada di Lebur, maka mereka yang mengikuti pelatihan akan melatih orang-orang tiap Kecamatan dan seterusnya 80 orang akan kita latih,” ujar dia.

Diharapkan kepada 50 pemuda agar bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Setelah latihan kedepan mereka bisa lanjutkan program Bupati kaitan dengan mendidik teman-teman lain yang bisa terampil.

“Juga harus berusaha bisa jadi seorang wiraswasta. Setelah pelatihan kembali akan kita fasilitasi dengan peralatan dan kita tetap kontrol selalu,”akhir Nahak.

Sesuai pantauan media, kelima puluh peserta pelatihan berbasis kompetensi diberangkatkan dari Kantor menuju Kupang menggunakan tiga unit Bus didampingi Sekretaris Nakertrans serta Staf Bidang terkait.