Bicara Tentang Jiwa Nasional Bangsa, Ini Kata Kapolres dalam Seminarnya

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Seminar kebangsaan tentang jiwa nasionalisme bangsa yang diselenggarakan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT di desa Tanatuku dengan menghadirkan narasumber Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi, SH,MH.

“Nasionalisme merupakan paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai cita-cita dan tujuan bersama dalam mewujudkan tujuan nasional,”Hal itu disampaikan Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi Senin (5/11/2018).

Menurutnya, kita harus tumbuhkan jiwa nasionalisme demi kemajuan bangsa melalui pendidikan karakter, pendidikan politik, sikap mental kesetiakawanan dan partisipasi aktif dalam pembangunan bangsa.

Victor menyampaikan, selain nasionalisme adapun tentang kemajuan tekhnologi saat ini yang sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab dalam menyebarkan berita bohong atau Hoax, SARA, Hate Speech maupun pencemaran nama baik.

“Jadi tingginya penggunaan media sosial ini dimanfaatkan untuk menyebar berita bohong atau Hoax dan isu-isu yang belum jelas dari mana sumbernya,”ungkapnya.

Lanjut Victor, bangsa kita adalah bangsa yang kuat tentu kita harus bersama-sama berjuang untuk membangun bangsa ini sehingga tak mudah terprovokasi dengan isu-isu atau berita yang belum jelas kebenarannya karna dapat memecah belah bangsa dan negara ini.