Kodim 1601/ST Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada 76 Siswa SMKN I Waingapu

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1601 Kabupaten Sumba Timur NTT, kembali memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada 76 orang siswa sekolah SMKN I Waingapu dan para guru-guru garis depan Sumba Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu (3/11/2018) bertempat di aula SMKN I Waingapu dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah SMKN I Waingapu, Direktur masyarakat SM-3T Institut Akhiruddin, S.Pd, M, Pd. Gr dengan narasumber Pasiter Kodim 1601 Sumba Timur Kapten Samiun, yang bertemakan Membangun karakter generasi muda untuk memperkuat ketahanan Nasional.

Pasiter Kodim 1601 Sumba Timur Kapten Samiun dalam penyampaian materi mengatakan, pemahaman tentang wawasan kebangsaan agar generasi muda jangan sampai kehilangan karakternya maka negeri ini akan kehilangan jati diri dan arus globalisasi.

“Kita harus membangun karakter yang kuat, kepribadian yang kuat dan ketahanan nasional yang kuat,”kata Kapten Samiun.

Ia menjelaskan, Gubernur Lemhanas RI menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan Indonesia adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggara kehidupan seperti bermasyarakat dan bernegara.

“Jadi wawasan kebangsaan dapat juga diartikan sebagai sudut pandang yang mengandung kemampuan seseorang atau kelompok orang untuk memahami keberadaan jati diri,”jelasnya.

Kapten Samiun menambahkan, wawasan kebangsaan Indonesia dikenal sebagai sebuah pedoman yang masih bersifat filosofis normatif sebagai perwujudan dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia.

“Tentunya situasi dan suasana lingkungan yang terus berubah sejalan dengan proses perkembangan kehidupan bangsa dari waktu ke waktu maka wawasan kebangsaan Indonesia harus senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan berbagai bentuk implementasinya,”ungkapnya.