Satgas Lattek Gabungan Wira Jala Yudha VIII 2018 Tiba di Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Satuan Tugas (Satgas) Latihan Praktek (Lattek) pelayaran gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 yang dipimpin langsung Kolonel Laut (P) Tunggul selaku Direktur Latihan (Dirlat) tiba di Dermaga Mako Lantamal VII, Kupang, Rabu (31/10/2018).

Satgas Lattek tersebut menumpangi KRI Surabaya – 591 yang dikomandani oleh Komandan KRI Surabaya-591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, disambut oleh Komandan Lantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang.

Kedatangan Satgas Lattek Pelayaran Wira Jala Yudha dengan KRI Surabaya-591 disambut dengan merflu oleh personel Lantamal VII Kupang, dan tarian serta tutur adat (Natoni) khas NTT, dan juga pengalungan kain tenunan motif khas NTT.

Danlantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang Beri Keterangan Pers

Danlantamal VII Kupang, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang mengatakan, tugas pokok Pangkalan Utama TNI AL VII Kupang adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur – unsur TNI Angkatan Laut, pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara dibidang maritim.

Lantamal VII Kupang mendapatkan kehormatan sebagai salah satu lokasi singgah Satgas Lattek Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 2 November 2018 dalam rangka memberikan pemahaman bersama tentang ke-Angkatan Lautan, promosi ke sekolah-sekolah binaan Lantamal VII Kupang serta Bhakti Sosial.

“Tujuan dari Wira Jala Yudha ini adalah untuk mengaplikasikan semua pengetahuan tentang kepangkatan lautan khususnya bagian KRI kepada para siswa perwira dan tamtama yang selama ini telah dididik di Komando Pendidikan dan Pengembangan Kodiklatal TNI AL” Danlantamal.

Tarian serta tutur adat (Natoni) khas NTT sambut Kedatangan Satgas Lattek Pelayaran Wira Jala Yudha dengan KRI Surabaya-591

Kegiatan Latek Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 ini membawa 809 siswa dengan rute pelayaran Surabaya – Situbondo – Kupang – Banyuwangi – Surabaya menggunakan KRI Surabaya – 591 dengan komandan Letkol Laut (P) Heru Samsul Hidayat, Direktur Latihan Kolonel Laut (P) Tunggul serta Komandan Satgas Latihan Letkol Laut (P) Hasto Sarwono.

Dari 809 siswa yang ikut Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 sebanyak 438 siswa Dikmata Marinir melaksanakan pendaratan di Banongan Situbondo.

Sedangkan sisanya sebanyak 371 siswa Dikmapa dan siswa Dikmata di berbagai kejuruan dengan rincian siswa Dikmapa sebanyak 80 siswa di dalamnya ada 11 siswa wanita dan Dikmata sebanyak 291 siswa lanjut mengikuti pelayaran menuju Kupang – NTT, Pelayaran gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang aplikasi tugas TNI AL di daerah dalam membantu pemerintah.

“Di sini kita membawa siswa-siswi yang putra daerah NTT, dan kita akan membawa mereka untuk mempromosikan TNI AL sehingga animo dan keinginan masyarakat, khususnya masyarakat NTT bisa lebih besar untuk menjadi TNI AL,” katanya.

Rencana pelaksanaan kegiatan Lattek Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha di Lantamal VII Kupang, yakni promosi dan kunjungan ke sekolah binaan Lantamal VII Kupang, Kunjungan ke Rumkital Sameuel J. Moeda dan Yonmarhanlan VII, Pembersihan Pantai dan Transplantasi Terumbu Karang Pantai Air Cina, Desa Lifuleo, Pembersihan Pantai dan Penanaman Pohon, CC (Courtesy Call) Sekda NTT, Kapolda NTT, Danrem 161/WS, Danlantamal VII dan Danlanud El Tari, Donor Darah, Olahraga Bersama, Malam Prajurit dan Open ship.