Dinas PUPR Pastikan Semua Proyek Pekerjaan Jalan Rampung di Bulan Nopember

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang memastikam Semua proyek pengerjaan jalan baru, peningkatan kapasitas jalan, dan jembatan, dipastikan akan rampung pada akhir bulan Nopember tahun 2018.

Kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Senin (29/10/2018), Sekertaris Dinas PUPR Kota Kupang, Devi Loak mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari Bidang Bina Marga, semua proyek tahun 2018 akan selesai pada Bulan Nopember mendatang.

“Tentunya ada tambah kurang yang terjadi. Tetapi sangat diharapkan agar semua bisa selesai sesuai dengan masa kontrak. Jika memang ada pekerjaan yang molor, maka tentunya akan ada konsukuensi yang harus diterima. Semua pekerjaan harus selesai sesuai dengan masa tahun anggaran,” kata Devi.

Dia menjelaskan, jika ada pekerjaan proyek yang tidak menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan masa kontrak, maka tentu akan dikenakan denda.

“Memang bisa adendum waktu, tetapi ada denda. Kalau memang terlambat maka hanya perlu adendum waktu, bisa menggunakan 50 hari, 70 hari atau bahkan 90 hari,” jelasnya.

Jadi adendum juga bukan berarti bebas, tetapi akan ada denda yang diberikan, jika memang tidak ada alasan yang kuat, makan denda harus diberlakukan, ini sudah merupakan ketentuan dan sesuai aturan yang berlaku.

Dikatakan, untuk seluruh proyek tahun 2018, dialokasikan anggaran sebesar Rp 40 miliar lebih, yang terdiri dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum DAU.

Menurut Devi, tahun 2018 ini, anggaran untuk pembangunan infrastruktur memang lebih kecil dari tahun sebelumnya, karena difokuskan pada jalan-jalan kota, untuk peningkatan kapasitas jalan.

Melihat tingginya angka pertambahan penduduk, maka secara otomatis volume kendaraan pun akan meningkat. Mengantisipasi terjadi kemacetan dan kecelakaan di jalan, maka pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas jalan untuk mengurangi beban jalan.