TMMD Tingkatkan Percepatan Pembangunan Daerah

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Malaka, NTTOnlinenow.com – Kembali Kodim 1605/Belu melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 yang berlokasi di Kabupaten Malaka wilayah hukum Kodim Belu.

Kegiatan TMMD diawali dengan upacara pembukaan TMMD di Lapangan Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Senin (15/10/2018).

Bupati Malaka, dr. Stefanus B.Seran bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pembukaan TMMD ke-103 yang bertajuk, TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika dalam laporan kesiapan kegiatan TMMD mengatakan, dasar pelaksanaan TMMD Surat Telegram PJO TMMD nomor STR/27/2018 tanggal 17 September 2018 tentang pelaksanaan operasional kegiatan TMMD Ke-103 selama 30 hari.

Sementara surat Telegram Pangdam IX/Udy nomor ST/538/2018 tanggal 20 september 2018 tentang pelaksanaan operasional kegiatan TMMD ke-103 TA 2018 selama 30 hari teritung mulai tanggal 15 Oktober hingga 13 November 2018 di wilayah Kodam IX/Udayana.

Lanjut Gusti, tujuan pelaksanaan TMMD untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah melaksanakan kegiatan serbuat teritorial, mewujudkan ketahanan wilayah yang tanggih dan pelihara serta tingkatkan kemanunggalan TNI Rakyat.

Sementara sasaran antara lain, fisik, pembangunan bak induk 36.000 M3, pembangunan bak penampungan air 20 Unit (1.100 Liter) dan pipanisasi sepanjang 2.700 M.

Untuk non fisik yakni, Bela Negara dari Kodim 1605/Belu, Kamtibmas dari Polres Belu, Wasbang dari Kesbangpol Belu, Pertanian Dinas Malaka, Peternakan Dinas Malaka, Kehutanan dari Dinas Kehutanan Malaka.

Sedangkan Narkoba dari Kantor BNNK Belu, HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan Malaka, BPJS, Keimigrasian serta penanggulangan Radikalisme dan Teroris dari BNPT/Polres Belu.

Personil yang dilibatkan disusun dalam organisasi Satuan Tugas (Satgas) dengan jumlah 250 orang yang terdiri dari gabungan unsur TNI/Polri dan Komponen lain dengan komposisi, Komando Satgas 3 orang, Staf Satgas 12 orang, SSK TNI Gabungan (AD,AL dan AU) 110 orang, Tim asisten/penyuluh 25 orang serta warga setempat 100 orang.

Kemudian penandatanganan Naskah Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-103 oleh Inspektur upacara dan diserahkan kepada Komandan Satuan Tugas dan penyematan tanda peserta, dan penyerahan sarana kerja secara simbolis ke perwakilan oleh Bupati.

Bupati Malaka, Stef Bria menyampaikan terimakasih kepada Bapak Danrem 161/WS bersama segenab jajarannya yang telah berkenan memilih Kabupaten Malaka menjadi sasaran kegiatan TMMD Tahun 2018 khususnya di Desa Suai, Kecamatan Malaka Tengah.

Jelas Bria, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI telah mengatur tentang peran TNI sebagai alat Negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya mengacu pada atau berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Tugas pokok TNI yang dimaksud melaksanakan dengan operasi militer dan operasi meliter selain perang yaitu diantaranya untuk mengamankan wilayah perbatasan dua negara sekaligus membantu tugas Pemda dan TTMD di Malaka.

Hadir dalam acara itu Danrem 161/Ws bersama Ibu Ketua Persit, Dansatgas Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 715/Mtl, Danyon Yonif RK 744/SYB, Kapolres Belu Pimpinan Forkominda Malaka, para Kapolsek, para Camat, Ketua MUI, FKUB serta warga masyarakat setempat.